Duet Anies-AHY Dinilai Punya Basis Massa yang Menjanjikan

Duet Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono di Pilpres 2024 dianggap dapat menjadi kuda hitam karena memiliki potensi basis massa yang cukup menjanjikan untuk digarap.

Analis politik Universitas Paramadina Ahmad Khoirul Umam berpandangan, Anies maupun AHY memiliki bekal basis massa masing-masing yang mungkin dapat saling melengkapi.

“Anies sendiri memiliki bekal dukungan basis massa kelompok Islam, terutama kelompok yang merasa kecewa terhadap dukungan yang mereka berikan kepada Prabowo (Subianto) tapi kemudian dianggap mengkhianati garis perjuangan mereka,” ujar Umam kepada Kompas.com, Selasa (10/10/2022).

Read More

“Kelompok itu tersebar hampir di seluruh Jawa Barat, sebagian di DKI Jakarta. Kemudian Banten dan hampir seluruh Sumatera,” katanya menambahkan.

Sementara itu, basis massa AHY adalah para simpatisan dan kader Partai Demokrat yang telah tersebar di seluruh wilayah Indonesia hingga ke level akar rumput.

Basis massa para simpatisan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), ayah AHY yang pernah jadi Presiden ke-6 RI, dinilai tidak dapat dikesampingkan.

Umam juga menilai bahwa antara Anies-AHY memiliki irisan basis massa yang dapat dimaksimalkan untuk meraup suara.

Baca Juga : Kronologi Penembakan Salah Sasaran di AS, Korban Seorang WNI asal Semarang

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *