Wakapolres Ogan Ilir Terima Supervisi dan Asistensi Mahasiswa S1 PTIK Angkatan ke-81

OGAN ILIR, SUMEKS.CO – Wakapolres Ogan Ilir, Kompol Hermansyah, menerima mahasiswa S1 Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK-PTIK) ke-81.

Kegiatan supervisi dan asistensi tersebut dipusatkan di Aula Vicon Mapolres Ogan Ilir, Rabu, 24 Januari 2024.

Kegiatan supervisi dan asistensi tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Tim dari Mabes Polri, Kombes Pol Yan Budi Jaya.

Kegiatan ini mempunyai maksud dan tujuan untuk memastikan bahwa benar penelitian tersebut dilakukan di wilayah Polres Ogan Ilir.

“Kemudian pula terkait dengan metodelogi yang nantinya merupakan syarat utama dalam sidang kelulusan di PTIK,” terangnya.

Adapun yang menjadi penyampai adalah mahasiswa PTIK angkatan ke-81, IPTU Rachmat Djakatara, dan beberapa mahasiswa PTIK yang lainnya.

Wakapolres Ogan Ilir, Kompol Hermansyah mengatakan, bentuk kegiatan dalam asistensi berupa paparan dan hasil kegiatan penelitian.

Penelitian itu dilaksanakan di Sat Samapta Polres Ogan Ilir, tentang bagaimana mengurangi dan mengatasi tindak pidana pencurian di wilayah Kabupaten Ogan Ilir.

Terutama, diwilayah tertentu seperti di kawasan Kampus Unsri yang kerap kali menjadi sasaran bagi pelaku tindak pidana pencurian sepeda motor.

Disampaikan oleh mahasiswa PTIK, IPTU Rachmat Djakatara, melalui kegiatan observasi dan pengamatan serta pemantauan di seputaran lokasi sering terjadinya tindak pidana pencurian.

“Cara yang paling efektif dan tepat adalah dengan cara meningkatkan dan menambah kapasitas kegiatan patroli oleh Unit Samapta Polres Ogan Ilir,” paparnya.

Selain itu, mahasiswa STIK-PTIK juga menyarankan Unit Samapta Polres Ogan Ilir secara rutin melakukan imbauan dan sosialisasi baik kepada mahasiswa sendiri ataupun masyarakat.

“Imbauannya supaya mereka sama-sama menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan,” imbaunya.

Mahasiswa STIK-PTIK juga ingin menumbuhkan rasa kepedulian terhadap situasi Kamtibmas yang berkembang terutama diwilayah hukum Polres Ogan Ilir.

Pos terkait