Polsek Rambang Lubai Monitoring Banjir di Desa Sukamerindu

TRIBUNSUMSEL.COM, MUARA ENIM — Untuk memastikan kondisi aman dan terkendali meski banjir, Personel Bhabinkamtibmas Polsek Rambang Lubai Polres Muara Enim Briptu Juni Rahman bersama Personel Babinsa Serma Maradona dan Aparat Pemerintah Desa Sukamerindu, Kecamatan Lubai, Kabupaten Muara Enim, melakukan kegiatan monitoring banjir yang melanda Desa Sukamerindu, Kecamatan Lubai, Kabupaten Muara Enim, Kamis (22/2/2024).

Kapolres Muara Enim AKBP Jhoni Eka Putra, SH, SIK, MM melalui Kasi Humas Polres Muara Enim AKP RTM Situmorang menerangkan bahwa Bhabinkamtibmas, Babinsa bersama Pemerintah Desa melakukan monitoring dan peninjauan di daerah yang terdampak banjir akibat luapan Sungai Siamang di Dusun 1, 2, dan 3 Desa Sukamerindu, Kecamatan Lubai, Kabupaten Muara Enim. Banjir ini dipicu oleh curah hujan tinggi dan kiriman air dari hulu sungai untuk memastikan secara langsung kondisi rumah warga yang terendam banjir.

“Dampak dari curah hujan yang tinggi dan kiriman air dari hulu sungai menyebabkan debit air Sungai Siamang meningkat, menyebabkan luapan air yang membanjiri sebagian pemukiman warga di sekitar sungai Lematang dan anak sungainya. Ketinggian air rata-rata sekitar 1 meter dan merendam sebagian rumah warga,” kata Kasi Humas Polres Muara Enim.

Hingga sampai saat ini, lanjut AKP RTM Sitimorang, terdapat sekitar 30 unit rumah yang terdampak banjir kiriman di Dusun 1, 2, dan 3 Desa Sukamerindu, Kecamatan Lubai, Kabupaten Muara Enim.

Untuk itu, pihaknya bersama instansi terkait akan terus melakukan pemantauan untuk memastikan kondisi terkini dan memberikan bantuan kepada warga yang terdampak. Selain itu, ia juga berkoordinasi dengan pihak terkait guna mendukung upaya penanganan bencana banjir ini.

“Sampai saat ini, hanya banjir saja tidak ada korban jiwa. Rumah warga rata-rata panggung,” ujarnya.

Pos terkait