100 Hari Bekerja, Mendag Klaim Stabilkan Harga Bahan Pokok hingga Minyak Goreng

Selama 100 hari menjabat, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengklaim, pasokan barang kebutuhan pokok aman dengan harga yang stabil.

“Tugas yang diberikan Bapak Presiden jelas, stabilisasi harga dan ketersediaan bahan pokok (bapok),” ungkap Mendag dalam keterangan pers terkait kinerja 100 hari di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, dikutip dari Setkab, Minggu (25/09/2022).

Adapun barang kebutuhan pokok yang diklaim stabil adalah minyak goreng curah.

Read More

Zulhas mengatakan, harga minyak goreng curah yang sebelumnya bergejolak telah stabil sesuai Harga Eceran Tertinggi (HET) yaitu sebesar Rp14.000 per liter dan sudah tersedia di seluruh provinsi.

Bahkan pada 21 September 2022, harga rata-rata nasional minyak goreng curah dicatatnya sebesar Rp13.800 per liter.

“Alhamdulillah, dalam waktu dua minggu saya bertugas, harga minyak goreng kemasan sederhana mulai turun,” ujar Mendag.

Selain itu, minyak goreng dengan merek MINYAKITA telah tersedia di 33 provinsi, termasuk Nusa Tenggara Timur, Papua, dan Papua Barat dengan harga sesuai HET.

Bukan hanya minyak goreng, Mendag juga menyebutkan harga bahan kebutuhan pokok lainnya yang juga mengalami penurunan signifikan dibandingkan pada 15 Juni 2022.

Harga sepuluh barang kebutuhan pokok yang turun, yaitu daging sapi, cabai merah besar, cabai rawit keriting, cabai rawit merah, daging ayam ras, bawang merah, bawang putih, minyak goreng kemasan sederhana, gula pasir, dan minyak goreng curah.

“Jadi harga-harga bahan pokok sampai hari ini stabil. Memang ada yang naik sedikit sekarang ini, beras,” imbuhnya.

Inflasi diklaim aman hingga neraca perdagangan surplus

Dikutip dari Kompas.com, (25/9/2022), Mendag juga mengklaim kinerjanya menjadikan perkembangan inflasi Agustus 2022 di level aman yaitu 4,69 persen dengan kisaran target 2022 2-4 persen.

Baca Juga : Ukraina Terkini: Odessa Diserang Drone Iran Lagi

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *