Meningkat, Realisasi KUR di Palembang Mencapai Rp5,41 Triliun

PALEMBANG, iNews.id – Realisasi penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) di Kota Palembang, Sumsel sudah mencapai Rp5,41 triliun dari target sebesar Rp7,76 triliun. Tercatat, hingga saat ini tercatat sudah 6,5 juta nasabah UMKM yang memanfaatkan KUR.

“Untuk Palembang saja terdapat 6,5 juta nasabah dari kalangan UMKM. Sejauh ini, dana KUR yang telah disalurkan mencapai Rp5,41 triliun dari total alokasi Rp7,76 triliun di tahun 2022,” ujar CEO Regional Office BRI Palembang Wahyudi Darmawan usai Opening Pesta Rakyat Simpedes di PTC, Sabtu (17/9/2022).

Sebagai bank milik pemerintah, lanjut Wahyudi, BRI yang dikenal sebagai pemimpin pembiayaan UMKM merasa memiliki tanggung jawab moral untuk membuat para pelaku UMKM naik kelas. “Terjadi pertumbuhan sekitar 13 persen (yoy) untuk pembiayaan UMKM, sementara untuk DPK tumbuh 9,9 persen untuk segmen mikro,” katanya.

Menurutnya, untuk menaikan kelas nasabah UMKM yang dimilikinya, sejumlah upaya dilakukan pihaknya seperti memberikan pelatihan, pengawalan dalam program inkubasi, membangun kluster usaha, hingga pemberian modal rendah bunga melalui program KUR.

BRI juga menyalurkan pendanaan kredit ultra mikro melalui kanal PT PNM dan PT Pegadaian. “Melalui Pesta Rakyat Simpedes ini, kami mendorong agar para nasabah yang berasal dari kalangan UMKM dapat meningkatkan pangsa pasar dan omzet usahanya,” katanya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *