Jokowi Sebut Jumlah Wisman yang Datang ke Indonesia Capai 2 Kali Lipat Dibanding 2021

JAKARTA, KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, jumlah wisatawan internasional atau wisatawan mancanegara (wisman) pada awal 2022 mencapai dua kali lipat dibandingkan pada 2021.

Menurutnya, hal ini menjadi salah satu indikasi bahwa konektivitas manusia sudah bangkit kembali dari pandemi Covid-19.

“Kita semuanya menyambut gembira kebangkitan pariwisata yang sudah mulai terasa, jumlah kedatangan wisatawan internasional yang datang ke Indonesia di awal tahun ini mencapai dua kali lipat dibanding 2021,” ujar Jokowi saat memberikan sambutan secara daring pada acara World Tourism Day 2022 yang ditayangkan YouTube UNWTO, Selasa (27/9/2022).

“Pola yang sama juga terjadi di seluruh dunia. Ini menandakan bahwa konektivitas manusia sudah menunjukkan kebangkitan,” katanya lagi.

Meski demikian, kata Jokowi, tantangan global yang dihadapi sektor pariwisata masih banyak walau pandemi Covid-19 sudah mulai mereda.

Antara lain, inflasi yang tajam di berbagai negara, bahan bakar transportasi yang mahal, konflik geopolitk yang belum selesai, serta perubahan iklim yang semakin mempengaruhi semua lini kehidupan masuarakat.

Menurut Jokowi, semua tantangan itu harus dihadapi dengan kreativitas.

“Dengan inovasi dan kerja sama global, pariwisata harus berorientasi pada pertumbuhan ekonomi dunia yang inklusif dan berkelanjutan, harus berwawasan alam lingkungan dan berkelanjutan,” ujarnya.

“Harus melestarikan budaya lokal dan harus melibatkan peran aktif masyarakat lokal,” kata Jokowi melanjutkan.

Kepala negara lantas menyinggung tema dari World Tourism Day 2022, yakni “Rethinking Tourism”.

Jokowi menilai tema tersebut selaras dengan tema Presidensi G20 Indonesia, yaitu “Recover Togehter, Recover Stronger”.

Menurutnya, semua pihak harus memikirkan ulang bagaimana sektor pariwisata dapat menjadi lebih tangguh dan lebih dapat mensejahterakan masyarakat.

“Kita juga harus mengedepankan kebangkitan pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan. Merancang ulang kebangkitan sektor pariwisata membutuhkan kerja keras semua pihak, semua pemangku kepentingan harus mulai mencari cara untuk memitigasi munculnya perubahan akibat perkembangan dunia yang sangat cepat,” kata Jokowi.

“Selamat Hari Pariwisata Dunia tahun 2022 selamat menikmati keindanagan bali dan pesona Indonesia,” ujarnya kemudian.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *