6 Nama Dipertimbangkan Sebagai Cawapres Koalisi Nasdem-PKS-Demokrat

JAKARTA, KOMPAS.com – Juru Bicara Partai Keadilan Sejahtera (PKS) M Kholid mengatakan, ada 6 nama yang dipertimbangkan sebagai figur calon wakil presiden (cawapres) oleh PKS, Partai Nasdem dan Partai Demokrat.

Saat ini ketiga partai politik (parpol) tengah menjajaki pembentukan koalisi dan memiliki usulan cawapres masing-masing.

“PKS ajukan beberapa nama misalnya Ahmad Heryawan yang berpengalaman sukses memimpin Jawa Barat selama 10 tahun,” ujar Kholid pada Kompas.com, Kamis (22/9/2022).

“Atau Irwan Prayitno yang berhasil pimpin Sumatera Barat selama 2 periode, atau Hidayat Nur Wahid, tokoh nasional yang memimpin MPR RI sudah tiga periode,” jelasnya.

Sementara itu, lanjut dia, Partai Nasdem mendorong agar figur cawapres diisi oleh Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa atau Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

“Tentu kami juga menghormati aspirasi Demokrat yang ajukan AHY (Agus Harimurti Yudhoyono),” ungkap dia.

Kholid mengklaim pembahasan figur cawapres masih berlangsung dinamis.

Namun ketiga parpol sepakat bakal melakukan pengusungan capres-cawapres yang memiliki potensi terbesar memenangkan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

“Yang paling potensial menang, yang paling punya kapasitas memimpin bangsa,” sebut dia.

Di sisi lain ketiga parpol hampir sepakat mengusung Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai capres.

“Kalau dari sisi capres, sosok Anies Baswedan menjadi yang terkuat dalam pembahasan meskipun tidak menutup pada pilihan yang lain,” tandasnya.

Diketahui PKS, Partai Nasdem, dan Partai Demokrat tak kunjung mengumumkan penbentukan koalisi.

Ketua DPP Partai Nasdem Willy Aditya menyampaikan proses kerja sama sudah berada di angka 80 persen.

Namun masing-masing parpol masih perlu melakukan penjajakan karena belum pernah bekerja sama sebelumnya.

“Tentu ini enggak bisa kawin paksa kan, tentu proses pembangunan chemistry di dua ranah, ranah antar partai, dan ranah antara kandidat (capres-cawapres) dengan partai,” papar Willy ditemui di Kompleks Parlemen Senayan, Senin (19/9/2022).

Sedangkan para kader Partai Demokrat mengusulkan agar AHY mengikuti kontestasi Pilpres 2024.

Dalam Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Demokrat para kader partai berlambang mercy itu menyerahkan keputusan pada AHY bakal maju sebagai capres atau cawapres.

“Terima kasih, semua saya catat dan saya jadikan amanah. Kalau tadi ada kata-kata diserahkan kepada saya, saya mohon doa restu dan dukungan dari semua untuk kita mendapatkan peluang sejarah itu,” tutur AHY di JCC Senayan, Jakarta, Kamis (15/9/2022).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *