Lokasi, Jam Buka, dan Harga Tiket Museum Bahari Jakarta 2023

Jakarta, CNN Indonesia — Masyarakat Jakarta yang ingin melihat peninggalan sejarah dari sektor kebaharian dapat mengunjungi Museum Bahari yang terletak di Jakarta Utara.

Selain menarik dan menambah wawasan, harga tiket Museum Bahari juga terjangkau sehingga tak menguras isi kantong meski ingin berwisata di ibu kota.

Berikut informasi seputar Museum Bahari seperti dikutip dari situs resmi Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta yang menjadi pengelola museum tersebut.

Sejarah Museum Bahari Jakarta

Suasana Museum Bahari di Jakarta Utara. (CNNIndonesia/Yogi Anugrah)

Museum Bahari merupakan salah satu museum yang sudah ada sejak era penjajahan Belanda. Bangunan museum dibangun pada 1718.

Namun dulu, gedung museum bukanlah dijadikan museum, melainkan gudang. Belanda menjadikan bangunan Museum Bahari sebagai gudang atau tempat penyimpanan rempah-rempah, seperti kopi dan teh.

Rempah-rempah di bangunan itu dipisahkan karena akan dijual ke luar negeri, seperti ke China, India, hingga negara-negara Eropa.

Seiring berjalannya waktu, Belanda yang sudah angkat kaki dari Indonesia, tak lagi menggunakan gedung tersebut. Gedung ini sempat dipakai Jepang untuk menyimpan barang logistik tentara Jepang.

Setelah Jepang tak berkuasa lagi di Indonesia, akhirnya gedung museum itu dialihfungsikan untuk menyimpan koleksi benda-benda peninggalan era penjajahan Belanda.

Pemerintah Indonesia pun mengambilalih penggunaan gedung tersebut. Namun, fungsinya tetap sama.

Selain itu, tempat ini juga untuk menyimpan alat navigasi, replika perahu tradisional dari berbagai suku di Indonesia, sampai kapal asli tradisional yang didatangkan dari beberapa daerah di Indonesia.

Pemerintah Indonesia kemudian memugar gedung tersebut pada 1976. Setelah itu, pemerintah menetapkan gedung it menjadi Museum Bahari pada 7 Juli 1977.

Museum Bahari adalah salah satu cagar budaya yang dilindungi. Saat ini, pengelolaannya berada di bawah Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta.

Lokasi dan Waktu Operasional Museum Bahari Jakarta

Berikut lokasi dan waktu operasional Museum Bahari Jakarta.

Lokasi: Jalan Pasar Ikan Nomor 1 RT/RW 11/4, Penjaringan, Jakarta Utara, DKI Jakarta.

Waktu Operasional:

  • Buka setiap Selasa-Minggu pukul 08.00-16.00 WIB
  • Tutup setiap Senin

Harga Tiket Museum Bahari Jakarta

Berikut harga tiket Museum Bahari Jakarta.

Individu

Dewasa Rp5.000 per orang
Mahasiswa Rp3.000 per orang
Anak-anak/Pelajar Rp2.000 per orang
Rombongan (minimal 30 orang)

Dewasa Rp3.750 per orang
Mahasiswa Rp2.250 per orang
Anak-anak/Pelajar Rp1.500 per orang
Workshop

1 Workshop dan tiket Rp20 ribu per orang
2 Workshop dan tiket Rp35 ribu per orang
Lihat Juga :

Jam Buka dan Harga Tiket Museum Wayang Jakarta 2023

Aktivitas Museum Bahari Jakarta

Jika berkunjung ke Museum Bahari Jakarta, tentunya pengunjung dapat melihat berbagai koleksi kebaharian di Indonesia. Jumlah koleksinya mencapai 1.835 benda.

Salah satu koleksi Museum Bahari adalah perahu dengan berbagai bentuk, gaya, dan ragam hias di Nusantara, seperti Perahu Kora-kora Sang Gagah dari Timur, Perahu Lancang Kuning, KRI Dewaruci, sampai angkur.

Selain itu, ada pula berbagai model dan miniatur kapal modern dan perlengkapan penunjang kegiatan pelayaran. Begitu juga dengan alat navigasi, jangkar, teropong, model mercusuar dan meriam yang digunakan pada masa lalu.

Museum Bahari juga menampilkan koleksi biota laut serta jenis dan sebaran ikan di perairan Indonesia. Museum ini juga menyimpan perlengkapan, cerita, dan lagu tradisional masyarakat nelayan Nusantara.

Tak ketinggalan, ada pula matra TNI AL, koleksi kartografi, maket Pulau Onrust, tokoh-tokoh maritim Nusantara sampai perjalanan kapal KPM Batavia-Amsterdam.

Selain itu, pengunjung juga bisa mengikuti workshop di Museum Bahari. Workshop-nya terdiri dari dua jenis, yaitu prakarya membuat tempelan kulkas dan gantungan kunci.

Fasilitas Museum Bahari Jakarta

Berikut fasilitas Museum Bahari Jakarta.

  • Ruang replika kapal
  • Ruang TNI AL
  • Ruang legenda laut internasional
  • Ruang legenda laut Indonesia
  • Ruang senja di Sunda Kelapa
  • Ruang sejarah Sunda Kelapa
  • Ruang alat-alat maritim
  • Toilet

Itulah informasi seputar sejarah dan harga tiket Museum Bahari Jakarta. Selamat berwisata!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *