Jokowi Ungkap Biang Kerok yang Bikin Banyak Negara Sengsara

Perang Rusia dan Ukraina terbukti menjadi biang kerok utama ketidakpastian dunia pada tahun ini. Perang telah memicu berbagai macam krisis, mulai dari krisis energi, pangan, hingga sektor keuangan.

 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberikan pengarahan dalam BUMN Startup Day Tahun 2022 kembali membuka tabir pertemuannya dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy.

Jokowi beberapa bulan lalu sempat membawa misi damai dengan melakukan pertemuan dengan Putin dan Zelenskyy. Jokowi dalam pertemuan tersebut menginginkan agar perang antara kedua negara bisa diredam demi memulihkan kembali perekonomian.

 

Namun, dalam pertemuan yang berlangsung di dua tempat berbeda tersebut, Jokowi pulang dengan tangan hampa. Jokowi berkesimpulan bahwa perang tidak akan selesai, setidaknya dalam waktu dekat.

“Saat saya bertemu dengan Presiden Putin 2,5 jam diskusi, ditambah dengan bertemu dengan Zelenskyy 1,5 jam berdiskusi saya simpulkan, perang tidak akan segera selesai. Akan lama,” kata Jokowi, Senin (26/9/2022).

 

Jokowi mengatakan, perang antara Rusia dan Ukraina memang telah menyebabkan kesulitan di dunia. Jokowi mengakui, bahwa situasi dunia saat ini dalam keadaan yang tidak baik, meskipun pandemi Covid-19 sudah mereda.

 

“Dunia sekarang dalam posisi yang tidak gampang. Posisinya betul-betul pada posisi yang semua negara sulit,” kata Jokowi.

 

Jokowi menyebut, sejumlah lembaga internasional menyampaikan bahwa perekonomian pada tahun ini akan berada pada masa sulit. Sementara itu, tahun depan dunia akan benar-benar ‘gelap gulita’ imbas dari krisis tahun ini.

 

“Lembaga internasional sampaikan tahun ini, tahun 2022 sangat sulit. Tahun depan mereka menyampaikan akan lebih gelap,” kata Jokowi.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *