Aduh! Mobil Rp 17 Miliar Kebanjiran

Jakarta – Sebuah supercar McLaren P1 menjadi korban banjir dalam bencana Badai Ian di Amerika Serikat belum lama ini. Mobil seharga miliaran rupiah itu terseret banjir.

Dikutip Drive, supercar McLaren P1 ini merupakan mobil mewah milik seorang asal Florida. Mobil ini tersapu oleh air banjir hanya satu minggu setelah dia membelinya.

Dalam serangkaian postingan di Instagram, seorang pengguna bernama ‘Ernie’ (@lambo9286) mendokumentasikan pekan pertamanya memiliki mobil McLaren P1. Dia mengklaim bahwa mesin bernilai jutaan dolar itu hanya berjarak 300 mil (482km) pada odometer.

Foto yang diunggah ke Instagram menampilkan McLarenP1 terendam air banjir setinggi pinggang yang disebabkan oleh Badai Ian. Tampak mobil berkelir kuning itu terdampar. Mobil lain di sekitarnya juga ada yang sampai terbalik.

McLaren P1 merupakan salah satu supercar yang dibanderol mahal. Diproduksi antara 2013 dan 2015,McLaren P1dihargai lebih dari US$ 1.150.000 (Rp 17,5 miliar) saat masih baru.

Bagaimana nasib mobil yang terendam banjir? Kalau di Indonesia, mobil yang terendam banjir tidak di-cover asuransi standar. Agar bisa diklaim asuransinya, mobil tersebut harus ter-cover dengan perluasan jaminan.

Perlu diketahui bahwa polis standar asuransi All-Risk dan TLO tidak menjamin kerusakan akibat bencana alam. Hal itu tertuang di Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor di Indonesia (PSAKBI), Bab II tentang Pengecualian, Pasal 3, ayat 3, point 3.2.

Isi polisnya: Pertanggungan ini tidak menjamin kerugian, kerusakan dan/atau biaya atas Kendaraan Bermotor dan/atau tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga yang langsung maupun tidak langsung disebabkan oleh, akibat dari, ditimbulkan oleh:

3.1. …

3.2.gempa bumi, letusan gunung berapi, angin topan, badai, tsunami, hujan es, banjir, genangan air, tanah longsor atau gejala geologi atau meteorologi lainnya;

3.3. …

Supaya mendapatkan perlindungan asuransi mobil pun harus ada perluasannya agar dapat diklaim ketika banjir menyebabkan kerusakan pada mobil. Jika konsumen memilih opsi perluasan ini, maka biaya premi akan bertambah.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *