“Viral di TikTok, Teori Konspirasi Titanic Tak Pernah Tenggelam”

Jakarta – Sebuah video membeberkan teori konspirasi Titanic tidak pernah tenggelam. Video ini bahkan ditonton 11 juta kali di TikTok dan meraih banyak komentar dari netizen.
Video tersebut diunggah oleh Mia dengan akun TikTok @_mia.w22_ pada 12 Januari 2023. Video yang mendapatkan 1,7 juta likes dalam sekejap itu mempercayai yang tenggelam adalah kapal Olympic untuk menghindari biaya selangit yang diperlukan dalam memperbaikinya.

“Aku anak Titanic banget, artinya aku benar-benar mengetahui setiap fakta tentang Titanic,” kata Mia.

“Aku akan duduk dan menonton film dokumenter selama berjam-jam. Tetapi ketika aku mendengar teori ini, semuanya seperti masuk akal,” lanjutnya.

Dia menjelaskan bahwa The White Star Line adalah sebuah perusahaan kapal yang sangat besar dan membangun tiga kapal yang sangat terkenal. Di antaranya Titanic, Olympic, dan Britannic. Britannic adalah yang pertama berlayar, namun menurut Mia, Britannic akhirnya tumbang oleh torpedo U-boat Jerman dan tenggelam.

@_mia.w22_ Replying to @bamastidealwaysrolls i’m not saying anything for sure, but like i am #titanic ♬ original sound – 🧃

“Dan kemudian kita punya Olympic dan Titanic. Mereka terlihat identik. Olympic lama diam saja. Dia (Olympic) akan segera berhenti beroperasi dan mereka tahu itu,” ucap Mia.

Kemudian perusahaan, berdasarkan teori Mia, berpikir bahwa butuh cukup biaya besar untuk memperbaiki Olympic.

“Jadi bagaimana jika kita mengirim Olympic saja, menenggelamkan kapal itu, mengklaim sejumlah uang asuransi dan kemudian membuang Titanic seperti Olympic,” tuturnya.

Mia percaya tidak ada yang benar-benar tahu seperti apa interior Titanic sebenarnya, kecuali orang-orang yang membangunnya. Karenanya, akan mudah untuk menukar keduanya.

“Siapa yang tahu? Tidak ada yang tahu,” katanya.

Mia kemudian menyebut nama beberapa orang terkenal yang memutuskan pada menit-menit terakhir untuk tidak naik Titanic, termasuk J.P. Morgan. Ia adalah bankir terkemuka dan pemilik White Star Line. Ada juga Milton Hershey, dari merek cokelat Hershey yang terkenal, juga tidak ikut Titanic meskipun telah membayar depositnya.

Netizen pun memberikan komentarnya mengenai teori konspirasi Kapal Titanic tidak pernah tenggelam.

“Nomor konstruksi Titanic adalah 401, dan Olympic adalah 400. Ketika bangkai kapal diangkat, potongan-potongan itu memiliki label 401,” argumen @doyouenjoybeingstupid.

“Tapi di mana Titanic sebenarnya berada?” tanya @aemeitalica.

“Setiap kali aku mencoba menceritakan ke orang-orang soal teori ini, mereka tidak mempercayaiku, tapi aku 100% percaya,” ungkap @paige_ag98.

Teori konspirasi ini sebenarnya sudah sering dibicarakan namun pembuktiannya tidak bisa diberikan hingga sekarang. Isu ini berakhir menjadi kabar burung yang tidak dapat dipastikan validitasnya.

Titanic tenggelam pada 14 April 1912 karena menabrak gunung es, ironisnya pada pelayaran pertamanya. Bangkai kapal baru bisa ditemukan 73 tahun setelahnya, tepatnya pada tahun 1985 oleh arkeolog bawah laut Robert Ballard di Atlantik Utara.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *