“Sedihnya Peraih Adhi Makayasa Terjerat Kasus Sambo: Karier Saya Masih Panjang”

Jakarta – AKP Irfan Widyanto meratapi nasib yang terbelenggu perkara obstruction of justice dalam penyidikan pembunuhan terhadap Brigadir Yosua Hutabarat atau Brigadir J. Kenapa?

Dalam sidang lanjutan terdakwa Ferdy Sambo dan Putri Candrawathi di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel), Irfan didudukkan sebagai saksi. Dia mengaku hanya menjalankan perintah untuk mengganti DVR CCTV di kompleks Polri Duren Tiga yang belakangan kemudian diketahui hal itu sebagai tindak pidana karena menghalangi penyidikan pembunuhan Yosua.

“Hanya itu (mengganti DVR) saja yang Saudara lakukan? Saudara ikut dipatsus (penempatan khusus)?” tanya hakim dalam sidang di PN Jaksel, Selasa (6/12/2022).

“Siap. Tidak (dipatsus), Yang Mulia,” jawab Irfan.

Irfan juga mengaku sedang menanti persidangan etik untuknya. Irfan meratap karena perkara ini menghambat kariernya.

“Bagaimana perasaan Saudara?” tanya hakim.

“Siap, sedih,” jawab Irfan.

“Apa yang membuat sedih?” tanya hakim lagi.

“Karena karier saya masih panjang,” jawab Irfan.

Irfan merupakan peraih Adhi Makayasa, yakni penghargaan untuk lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) yang dinilai berprestasi dalam tiga aspek, yakni akademis, jasmani, dan kepribadian. AKP Irfan Widyanto meraih penghargaan tersebut pada 2010.

Perwira berusia 36 tahun itu telah dimutasi dari jabatannya di Bareskrim Polri dimutasi ke Pelayanan Markas Polri bersama 23 polisi lainnya melalui surat telegram Kapolri nomor ST/1751/VIII/KEP./2022 yang diterbitkan 22 Agustus 2022. Perwira muda asal Depok, Jawa Barat, tersebut dicopot dari jabatan Kepala Sub-Unit I Subdirektorat III Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri.

Kini AKP Irfan ikut menjadi terdakwa perkara obstruction of justice dalam kasus pembunuhan Yosua. Irfan dalam dakwaan jaksa disebut sebagai orang yang mencopot dan mengganti DVR CCTV Kompleks Polri Duren Tiga pada 9 Juli 2022, yang merupakan TKP pembunuhan Yosua.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *