Presiden Jokowi Tak Salami Kapolri, Ini Penjelasan Istana

JAKARTA, KOMPAS.com – Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menanggapi perihal sikap Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang terlihat tidak menyalami Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo usai upacara HUT ke-77 TNI pada 5 Oktober 2022 kemarin.

Menurut Heru, tidak ada penyebab khusus presiden tidak bersalaman dengan Kapolri usai upacara.

Sebab, Presiden Jokowi disebut telah bersalaman dengan semua tamu undangan yang berada di mimbar utama sebelum upacara berlangsung.

Read More

“Enggak ada masalah. Kan di mimbar utama sebelum upacara semua sudah disalamin dan kan yang di vidio itu Pak Presiden menyapa Pak Kapolri (berbicara),” kata Heru saat dikonfirmasi, Rabu (6/10/2022).

Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi tampak tidak menyalami Kapolri usai upacara HUT ke-77 TNI.

Peristiwa itu bisa disaksikan lagi melalui tayangan YouTube Kompas TV.

Awalnya, Presiden Jokowi menyalami Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Andika yang mendapat giliran bersalaman pertama memberikan hormat dan membalas jabat tangan presiden.

Setelah Andika, Presiden Jokowi tampak mendekati Kapolri dan menyapanya. Tetapi, presiden tidak mengulurkan tangan untuk bersalaman dengan Kapolri.

Presiden kemudian menyapa dan bersalaman dengan Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal Dudung Abdurachman. Dudung pun memberi hormat dan membalas jabat tangan presiden.

Setelahnya, Presiden Jokowi menyapa Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal Fadjar Prasetyo beserta istri. Lalu, bersalaman dengan keduanya.

Terakhir, presiden menyapa Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Yudo Margono beserta istri dan bersalaman dengan mereka.

Setelahnya, Presiden Jokowi berbalik badan dan melambaikan tangan kepada tamu undangan upacara yang menyapanya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *