Pemimpin Negara G20 Tak Foto Bersama, Jokowi Beri Penjelasan

BALI, KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo menjawab isu soal tak adanya sesi foto bersama di antara seluruh pemimpin negara-negara G20 (sesi family photo).

Menurut Presiden, sesi foto bersama tetap terjadi saat para pemimpin menanam mangrove di Tahura, Bali, pada Rabu (16/11/2022).

“Kan ada kemari di Tahura Ngurah Rai Mangrove, kan foto bersama,” ujar Jokowi di Pasar Badung, Bali, Kamis (17/11/2022).

Bacaan Lainnya

Menurut Jokowi, foto bersama tidak harus selalu dengan konsep standar. “Foto bersama di hutan mangrove kan ada bawa cangkul, nanam mangrove. Salaman satu per satu di hotel. Masa kita harus selalu standar, kan enggak,” kata dia.

Presiden Jokowi resmi menutup KTT G20 Tahun 2022 yang digelar di Bali selama dua hari pada 15-16 November 2022. Dalam sesi penutup KTT G20 yang digelar di Hotel Apurva Kempinski, Kabupaten Badung, Provinsi Bali, pada Rabu (16/11/2022), Presiden menyatakan merasa terhormat telah memimpin G20 selama setahun terakhir.

“Merupakan suatu kehormatan bagi Indonesia untuk memimpin G20 selama satu tahun terakhir ini. Presidensi kami dimulai dengan harapan untuk menyatukan niat bersama dalam mewujudkan pemulihan dunia yang inklusif dari pandemi,” ujar Jokowi mengawali pidato penutupnya.

Dia mengatakan, sebagai Presidensi G20, Indonesia telah mengupayakan berbagai solusi terbaik selama satu tahun kepemimpinan di tengah berbagai tantangan baru yang muncul.

Kepala Negara bersyukur bahwa G20 Indonesia telah menghasilkan sebuah dokumen berupa Deklarasi Para Pemimpin G20 Bali.

“Alhamdulillah hari ini kita dapat mengadopsi dan mengesahkan G20 Bali Leaders Declaration. Ini adalah deklarasi pertama yang dapat diwujudkan sejak Februari 2022,” kata Jokowi.

“Saya menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua yang hadir yang telah memberikan fleksibilitasnya sehingga deklarasi dapat disepakati dan disahkan,” ucap dia.

Adapun pada tahun lalu, KTT G20 dilaksanakan di Roma, Italia.

Saat itu, terdapat kegiatan sesi foto bersama. Saat itu, Presiden Jokowi berada di barisan paling depan. Jokowi ketika itu berdiri di samping Perdana Menteri (PM) Italia sebelumnya, Mario Draghi.

Sesi foto bersama itu dilakukan di depan baliho G20 2021 Italia berukuran besar dengan tema “People, Planet, and Prosperity”.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *