Mulai Masuk Musim Hujan, Ini Titik Rawan Banjir di Jakarta Utara

JAKARTA, KOMPAS.com – Kepala Seksi Pemeliharaan Drainase Suku Dinas (Sudin) Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Utara, Yursid Suryanegara menyampaikan, puncak musim hujan diprediksi terjadi antara November 2022-Februari 2023.

Hal itu didapatkan dari data milik Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Sehingga, potensi banjir di Jakarta Utara kemungkinan akan terjadi pada periode tersebut.

“Jadi puncaknya mungkin di akhir dan awal tahun untuk puncak intensitas hujan tertinggi,” ujar Yursid kepada Kompas.com, Kamis (29/9/2022).

“Risiko terjadinya genangan dan banjir akan lebih tinggi di bulan-bulan tersebut,” tambah dia.

Ada sejumlah titik rawan banjir di Jakarta Utara, yang menurutnya akan kebanjiran lagi tahun ini.

Pertama, wilayah Kelapa Gading yang memang menjadi langganan banjir. Oleh sebab itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Utara menyiapkan pompa mobile di wilayah tersebut.

Menurut dia, progres antisipasi banjir di Kelapa Gading sudah intensif dilakukan hingga sekarang.

“Program pembangunan drainase juga sudah optimal, hanya memang kemarin dua tahun ke belakang ada pembangunan LRT dan tol dalam kota. Jadi memang itu masalah utamanya kenapa dua tahun kemarin cukup sering juga daerah Kelapa Gading tergenang,” sebut Yursid.

Dengan selesainya proyek LRT, tol dalam kota, dan pompa selesai diharapkan tahun 2023 wilayah itu sudah jauh lebih aman dari ancaman bencana hidrometeorologi.

Kedua, Tanjung Priok yang mana titik terparahnya di Jalan Yos Sudarso dekat terminal bus.

“Nanti kita juga pasti sediakan pompa mobile karena kalau itu kondisi jalannya memang cekungan sehingga air dari jalan Yos Sudarso masuk semua ke arah Terminal Tanjung Priok,” terang Yursid.

Sudin SDA, kata dia, sudah berkoordinasi dengan PT Pelabuhan Indonesia atau Pelindo, Pelabuhan Tanjung Priok, dan Kementerian Perhubungan untuk melakukan kajian guna menemukan solusi permanen terkait penanganan banjir di sana.

Ketiga, Penjaringan yang berbatasan dengan laut juga menjadi titik rawan banjir. Sehingga, Pemkot menyiapkan sediakan pompa mobile untuk mengantisipasi apabila terjadi banjir.

Keempat, Gunung Sahari yang kerap mengalami banjir kiriman dari Kali Ciliwung.

“Di Jakarta Utara yang lumayan terdampak Kecamatan Pademangan di Gunung Sahari. Itu sih titik-titik parah banjir di Jakarta Utara,” pungkas dia.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *