Kenali Jenis Bunga Rafflesia, Bunga Bangkai yang Langka di Indonesia

SUMEKS.CO – Bunga Rafflesia, puspa langka raksasa yang unik dan merupakan bunga terbesar di dunia yang banyak ditemukan di Bengkulu.

Bengkulu disebut sebagai bumi rafflesia, bunga langka satu ini juga banyak ditemukan diluar daerah Bengkulu dengan jenis yang beragam.

Didunia bunga Rafflesia memiliki 25 jenis dimana 5 diantaranya ditemukan di Bengkulu.

Kondisi alam dengan hutan yang lembab dan basah dengan hawa sejuk menjadikan Bengkulu endemik Bunga Rafflesia.

Salah satu ciri yang dimiliki bunga rafflesia yaitu mengeluarkan bau busuk yang fungsinya untuk menarik serangga-serangga yang akan membantu proses penyerbukan.

Berbeda dari bunga lainnya, bunga ini tidak memiliki klorofil dan masuk dalam kategori tanaman parasite yang bergantung ke tanaman inangnya.

Bunga Rafflesia pertama kali ditemukan pada tahun 1818 oleh ilmuan botani berasal dari Inggris yang melakukan penelitian kehutan sumatera Dr. Joseph Arnold bersama Gubernur Bengkulu Sir Thomas Stamford Raffles.

Pada saat penelitian mereka menemukan satu bunga raksasa berwarna merah dengan diameter 110cm di Desa Pulo Lebar Bengkulu sehingga dinamakan Rafflesia Arnoldi.

Kemudian bunga itu dijadikan puspa langka yang dilindungi sesuai Keppres RI No.4 tahun 1993 tentang satwa dan bunga nasional.

Memiliki jenis yang beragam, Indonesia memiliki beberapa jenis bunga rafflesia yang ditemukan dan populer  di Sumatera:

1. Rafflesia Arnoldi

Jenis bunga bangkai satu ini merupakan yang pertama kali ditemukan. Berwarna cerah dengan disertai bitnik-bintik berwarna putih dan memiliki kelopak yang terbilang besar,tebal juga kasar.

2. Rafflesia Hasselti

Ditemukan pertama kali di Taman Nasional Kerinci dimana yang membedakannya dengan jenis rafflesia lain yaitu didalam bunga terdapat bercak putih.

Banyak dikenal dengan sebutan ambai-ambai, kerubut dan cendawan matahari karena warna bata yang khas dan kelopak bunga yang memiliki diameter 60cm.

Hal unik pada jenis ini, untuk menjadi bunga yang sempurna Rafflesia Hasselti memerlukan waktu sampai 20 bulan.

3. Rafflesia Bengkuluensis

Tumbuhan asli dari Pulau Sumatera, Rafflesia Bengkuluensis masuk dalam salah satu jenis tanaman langka yang teridentifikasi di hutan tropis Bengkulu.


Bunga Rafflesia Bengukuensis–

Tepatnya diarea semak belukar bantaran Sungai Penangkulan di sekitar Desa Manau Bengkulu.

4. Rafflesia Gadutensis

Sama dengan jenis lainnya, Rafflesia Gaduensis ditemukan di kawasan hutan lindung Boven Lais, Bengkulu Utara tetapi jenis ini juga pernah ditemukan di daerah Ulu Gadut Sumatera Barat.

5. Rafflesia Kemumu

Tergolong dalam spesies tanaman parasit genus rafflesia, Rafflesia kemumu terindentifikasi pada tahun 2017Jenis bunga Rafflesia satu ini dapat ditemukan mekar sempurna di kawasan hutan daerah Desa Tebing Kaning Bengkulu Utara yang bebatasan langsung dengan Hutan Lindung Boven Lais. (*)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *