Jawa Barat Targetkan 40 Juta Wisatawan hingga Akhir Tahun 2022

KOMPAS.com – Jumlah kunjungan wisatawan ke provinsi Jawa Barat ditargetkan mencapai 40 juta orang hingga akhir tahun 2022.

“Hingga saat ini sudah mencapai hampir 30 juta (wisatawan) sehingga kami optimistis bisa sampai 40 juta, ini total keseluruhan lokal dan mancanegara,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat (Jabar) Benny Bachtiar, dikutip dari Antara, Rabu (23/11/2022).

Menurutnya, sejumlah tempat wisata di provinsi tersebut akan dikunjungi wisatawan pada libur Natal dan tahun baru (Nataru) 2022/2023, khususnya tempat wisata luar ruangan (outdoor) atau alam.

Koordinasi dengan kabupaten/kota, lanjutnya, dibutuhkan guna mengantisipasi lonjakan kunjungan wisatawan pada periode tersebut.

“Tahun kemarin (2021) kurang lebih enam hingga tujuh juta di akhir tahun, (akhir tahun) ini bisa berlipat lipat bisa 12 hingga 18 juta wisatawan untuk destinasi wisata di Jabar,” kata Benny.

Kunjungan wisatawan saat Nataru akan disebarkan ke wilayah lain

Benny mengatakan bahwa pihaknya sedang menggalakkan kampanye Smiling West Java.

Diharapkan kunjungan pada akhir tahun tidak terpusat di wilayah yang sudah populer di kalangan wisatawan.

“Karena selama ini yang menjadi favorit Puncak, Lembang, Bandung Raya, dan Bogor Raya. Kita berupaya untuk saat itu digeser ke arah timur seperti Majalengka, Kuningan,” ujarnya.

Majalengka dan Kuningan, lanjutnya, memiliki daya tarik berupa wisata alam dan desa wisata.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *