PSM Juara Liga 1 2022/2023, Akhiri Penantian 23 Tahun

PAMEKASAN – PSM Makassar resmi menjadi juara Liga 1 2022/2023. Ini menjadi momen bersejarah karena menyudahi penantian selama 23 tahun.

Kemenangan 3-1 atas Madura United memastikan Juku Eja jadi juara musim ini. Mereka meraih poin penuh meski tandang ke Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan, Jumat (31/3/2023) malam.

PSM sudah tidak mungkin terkejar karena di pertandingan lain, Persib Bandung yang berada di posisi kedua kalah 0-2 dari Persija Jakarta.

Bacaan Lainnya

PSM bisa dibilang sudah tidak asing dengan gelar juara di kompetisi sepak bola Indonesia. Sebelum ini, mereka enam kali berdiri di podium pertama.

Rinciannya lima gelar saat kompetisi masih bernama Perserikatan. Sedangkan satu lagi ketika sudah berganti nama menjadi Liga Indonesia, Hanya saja, terakhir kali PSM juara pada 1999/2000. Artinya, selama lebih dari dua dekade mereka tidak pernah lagi mengangkat trofi.

Posisi terbaiknya pada beberapa musim terakhir diantaranya peringkat kedua pada Liga 1 2018. PSM juga dalam sejarahnya jadi runner-up sebanyak sembilan kali.

Menariknya, PSM mampu bangkit dari Liga 1 musim 2021/2022 dengan baik pada tahun ini. Musim lalu mereka hampir saja turun kasta.

PSM terhindar dari degradasi pada musim lalu dengan finis di peringkat ke-14. Mereka meraih 38 poin, hanya terpaut dua poin dari Persipura Jayapura yang terhempas ke Liga 2.

Musim ini, skuad asuhan Bernando Tavares itu keluar sebagai juara dengan dua pertandingan tersisa.

Sejauh ini mereka telah mencatatkan 21 kemenangan, sembilan imbang, dan dua kalah dalam 32 laga yang dilakoni.

Mereka juga berhasil menorehkan selisih gol tertinggi, yakni 36 dengan mencetak 60 gol dan kebobolan 24 gol.

PSM juga kerap meraih hasil yang cukup baik saat bertemu tim-tim besar pada musim ini. Mereka mengalahkan tim seperti Persib Bandung, Persebaya Surabaya, dan Bali United.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *