Jokowi Sebut Para Pemimpin Negara G20 Kaget dengan Hutan Mangrove di Bali

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan para pemimpin negara G20 serta lembaga internasional kaget dengan hutan mangrove yang dimiliki Indonesia di Bali. Menurut dia, pemimpin negara G20 menilai Indonesia sudah melakukan sebuah langkah konkret terhadap perubahan iklim.

Hal ini disampaikan Jokowi usai mengajak para pemimpin negara G20 dan lembaga internasional berkeliling ke Taman Hutan Raya (Tahura) Mangrove Ngurah Rai Bali, Rabu (16/11/2022). Dalam kesempatan ini, Jokowi juga menunjukkan

bibit mangrove kepada para pemimpin negara.

Read More

“Ya mereka (pemimpin negara) banyak yang kaget bahwa kita sudah melakukan sejauh ini dan ini ada mereka mengatakan ini ada sebuah pekerjaan yang konkret karena di sini memiliki kapasitas 6 juta bibit,” kata Jokowi sebagaimana disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (16/11/2022).

Dia menyampaikan Indonesia akan memiliki 33 lokasi untuk pembibitan mangrove dalam lima tahun ke depan. Saat ini, kata Jokowi, ada lima lokasi yang sudah dibangun.

 

 

“Saya kira itu yang menginspirasi para pemimpin hal-hal yang konkret yang dilakukan baik dalam transisi energi hijau maupun dalam ekonomi hijau terhadap perubahan iklim,” ujarnya.

Menurut dia, Indonesia menjadi negara pemilik hutan mangrove terluas di dunia yakni, 3,3 juta hektare. Untuk itu, Indonesia ingin berkontribusi terhadap perubahan iklim.

“Tahura Ngurah Rai ini adalah sebagai sebuah contoh, sukses story bagaimana 1.300 hektare hutan mangrove itu ditanam, diperbaiki, dipelihara,” ucap Jokowi.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *