Desa Tertinggi di Pulau Jawa Jadi Pemenang ADWI 2022

KOMPAS.com – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) telah resmi menggelar malam puncak Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Pada malam puncak itu, Kemenparekraf mengumumkan desa wisata yang sukses memenangi ADWI 2022. Ada tujuh kategori pemenang, yakni kelembagaan desa, daya tarik pengunjung, CHSE, suvenir, digital dan kreatif, homestay, dan toilet umum.

Selain itu, ada tiga kategori tambahan, yakni Desa Wisata Rintisan, Desa Wisata Berkembang, dan Desa Wisata Maju.

Dari sekian banyak pemenang tiap kategori pada ADWI 2022, salah satunya adalah Desa Sembungan di Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Desa Sembungan, juara 1 kategori desa rintisan ADWI 2022 Pada ajang ADWI 2022, Desa Sembungan yang berada di Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, sukses meraih juara 1 kategori desa rintisan. Prestasi ini dikonfirmasi pengelola Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Cebong Sikunir bernama Tafrihan.

“Iya betul (Desa Sembungan juara 1 kategori desa rintisan ADWI 2022,” kata dia kepada Kompas.com, Senin (10/11/2022).

Desa Sembungan, Telaga Cebong.

Dalam kategori yang sama, Desa Sembungan sukses mengungguli Desa Wisata Tirta Agung, Bondowoso di peringkat 2 dan Desa Wisata Hanjeli, Sukabumi di peringkat 3. Adapun salah satu keunikan dari Desa Sembungan adalah, tempat ini merupakan desa tertinggi di Pulau Jawa.

Dikutip dari Kompas.com, Minggu (2/10/2022), Desa Sembungan memiliki ketinggian sekitar 2.300 meter di antas permukaan laut (mdpl). Tak hanya merupakan desa tertinggi Pulau Jawa, Sembungan juga punya tempat wisata, yakni Puncak Sikunir, Pendakian Gunung Pakuwaja, Telaga Cebong, dan Curug Sikarim.

Lokasi Desa Sembungan pun dekat dengan destinasi wisata unggulan Dieng. Jaraknya hanya sekitar 5 kilometer (km) dengan waktu tempuh kurang-lebih 15 menit.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *