981 Wisatawan Kunjungi Desa Wisata Golo Loni NTT hingga November 2022

GOLO LONI, KOMPAS.com – Sebanyak 981 wisatawan Nusantara dan mancanegara mengunjungi Desa Wisata Golo Loni di Kecamatan Ranamese, Kabupaten Manggarai Timur, Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT), hingga awal November 2022. Kepala Desa Wisata Golo Loni, Yohanes Okalung, mengatakan bahwa dari angka itu, 743 orang mengikuti wisata river tubing, 160 orang menginap di homestay Golo Loni, dan 78 orang berwisata di spot memancing ikan air tawar di kolam di tengah sawah.

“Dari data ini, wisatawan sangat suka dengan wisata river tubing di alam bebas di daerah aliran sungai (DAS) Wae Dingin. Beberapa waktu lalu sempat tutup sementara untuk wisata river tubing karena cuaca hujan yang tinggi tapi kini sudah dibuka lagi,” jelas Okalung melalui telepon kepada Kompas.com, Rabu (9/11/2022). Data tersebut, menurutnya, menunjukkan perkembangan pariwisata di Desa wisata Golo Loni, sekaligus memberi harapan bagi peningkatan pendapatan ekonomi masyarakat dan usaha kecil menengah.

Ia menambahkan, pasca-pandemi Covid-19, tempat wisata yang ramai dikunjungi wisatawan di Manggarai Timur yakni Desa Wisata Golo Loni. “Saya bersama Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Wisata Golo Loni terus menata obyek wisata dan mempromosikan spot-spot lainnya di wilayah Desanya, baik alam, budaya, kuliner dan atraksi budaya,” ujarnya.

Selain itu, belum lama ini, SMK Cintai Damai Manggarai Timur mengadakan study tour di sejumlah lokasi wisata di desa tersebut. “Selama study tour, siswa dan siswi bersama para pendidik dipandu oleh anggota kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Desa Wisata Golo Loni untuk menerangkan spot-spot tersebut,” jelasnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *