BigHit Music Tanggapi Kabar Jin BTS Mulai Wamil pada 13 Desember 2022

KOMPAS.com – Sejumlah media Korea Selatan, termasuk Yonhap dan KBS, melaporkan bahwa Jin BTS akan memulai wajib militer (wamil) pada 13 Desember 2022.

Agensi yang menaungi BTS, BigHit Music, tidak memberi konfirmasi tentang kabar tersebut.

“Saat ini kami belum bisa mengonfirmasi kabar tersebut. Kami memohon pengertiannya,” kata BigHit Music, Kamis (24/11/2022).

Bacaan Lainnya

Menurut laporan media, Jin akan memasuki pusat pelatihan militer di Kabupaten Yeoncheon, Provinsi Gyeonggi pada 13 Desember mendatang.

Pelatihan dasar kemiliteran itu akan berlangsung selama lima minggu. Jin bakal menerima penempatan penugasan resmi setelah menyelesaikan pelatihan.

Sebelumnya diumumkan pada bulan Oktober bahwa Jin mengajukan surat untuk membatalkan penundaan wajib militer ke Military Manpower Administration (MMA) pada Jumat (4/11/2022) lalu.

Sebagai informasi, para member BTS mendapat pengecualian berupa penundaan wajib militer hingga berusia 30 tahun karena pernah mendapat anugerah Order of Cultural Merit dari pemerintah.

Jin, yang berusia 30 tahun pada 4 Desember 2022, akan menjadi member pertama BTS yang menjalani wamil.

Pada 17 Oktober 2022, BigHit Music mengumumkan bahwa para personel BTS siap menjalani wajib militer, diawali dari Jin sebagai anggota tertua.

Jin memulai persiapan mendaftar wajib militer setelah merilis singel solonya yang berjudul “The Astronaut”.

Lagu itu ditulis Jin bersama Coldplay, yang juga menjadi produser lagu tersebut. Jin BTS bahkan membawakan lagu itu secara live untuk kali pertama di konser Coldplay di Buenos Aires, Argentina, pada 28 Oktober 2022.

Pada kesempatan itu vokalis Coldplay, Chris Martin, menceritakan proses pembuatan singel “The Astronaut”.

“Sekitar enam bulan lalu, salah satu member BTS menelepon dan mengatakan ‘saya akan meninggalkan grup (BTS) pada Desember selama dua tahun’,” kata Chris Martin sebelum memanggil Jin naik ke panggung.

Menirukan ucapan Jin, Chris Martin mengatakan wajib militer adalah peraturan di Korea Selatan.

“Dan dia bilang, ‘saya membutuhkan lagu untuk mengucapkan selamat tinggal untuk sementara waktu’,” lanjut Chris Martin.

Mereka pun berkolaborasi menciptakan “The Astronaut”, yang merupakan surat cinta Jin BTS kepada orang-orang yang mencintainya, terutama para member BTS dan ARMY, penggemarnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *