Tilang Manual Diberlakukan Lagi, Polres Tambah 3 Titik Kamera ETLE di Lubuklinggau

TRIBUNSUMSEL.COM, LUBUKLINGGAU – Tilang manual diberlakukan lagi di Lubuklinggau menyusul banyaknya masyarakat yang menggunakan plat kendaraan palsu.

Tak hanya itu untuk menertibkan lalu lintas, Polres Lubuklinggau juga menambah tiga titik kamera ETLE di Lubuklinggau.

Kapolres Lubuklinggau AKBP Harissandi menyampaikan sejauh ini mereka masih menunggu arahan dan perintah dari Direktorat lalu Lintas Polda Sumatera Selatan (Sumsel) perihal tilang manual kembali berlalu di kota tersebut.

“Menyangkut tilang manual, kita masih menunggu perintah dari Direktorat Lalu Lintas Polda Sumatera Selatan,” kata Kapolres pada wartawan, Jumat (27/1/2023).

Dia menjelaskan saat ini Kasat Lantas Polres Lubuklinggau tengah rapat di Palembang bersama Kanit Dikyasa untuk membahas tilang manual tersebut.

“Kenapa tilang manual perlu diterapkan? Dikarenakan banyak masyarakat yang disinyalir sekarang pakai plat palsu,” ujarnya.

Selain itu, tilang elektronik atau ETLE, tidak bisa mengidentifikasi apakah si pengendara memiliki SIM (Surat Izin Mengemudi) atau tidak, termasuk juga dengan knalpot brong tidak bisa teridentifikasi.

Tiga Tambahan ETLE

Sementara itu, terkait dengan ETLE, Kota Lubuklinggau mendapat tanbahan dari Korlantas.

Adapun tambahan ETLE tersebut yakni untuk di tiga titik di Lubuklinggau.

Rencananya ETLE untuk di tiga titik yang pertama dipasang di depan Hotel Burza di Jalan Yos Sudarso. Dimana lokasi itu biasa dipakai oleh anak muda sebagai tempat balap liar.

Lalu titik kedua dipasang sekitaran arah Pengadilan Negeri (PN) Lubuklinggau.

Titik ketiga dipasang di daerah Watas yang mengarah dari Lubuklinggau ke arah Curup.

“Terus untuk pengeoperasian yang kemarin saya sampaikan bulan Desember, Januari, itu perintah dari Korlantas Mabes Polri akan diaktifkan serentak nanti seluruh Indonesia,” terangnya.

Lebih lanjut, tiga titik ETLE tambahan pemasangannya akan dilakukan secepatanya.
“Ini kemarin dari Korlantas sudah ngecek, didampingi Kasat lantas. Jadi total sekarang ETLE ada delapan,” pungkasnya.

Sebelumnya di Kota Lubuklinggau sudah ada empat titik ETLE terpasang yakni di Simpang Periuk, Simpang Watas, Simpang RCA dua titik.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *