Tempat Wisata di Palembang Terbaru 2023, Plaza 16 Ilir Lengkap Perahu Tradisional

PALEMBANG – Tempat wisata Palembang terbaru 2023, dibangun pemerintah di Plaza 16 Ilir Palembang.

Tempat wisata di Palembang terbaru Plaza 16 Ilir dibangun dengan dana Rp 7,5 miliar bertemakan transportasi khas Palembang lengkap dengan perahu transportasi tradisional.

Pantauan di lapangan, Plaza 16 Ilir baru ini masih baru warna cat masih terang.

Sejumlah warga menyempatkan diri datang ke sini untum berfoto-foto maupun bersantai.

Kepala BPTD Wilayah VII Sumsel dan Babel Fahmi mengatakan, plaza itu memang bagian dari program Quick Wins atau program pemerintah pusat untuk merapikan kawasan Ampera.

“Jadi di Pasar 16 ilir, Plaza 7 Ulu program kita untuk merapikan kawasan Ampera dan mudah-mudahan jadi destinasi baru,” kata Fahmi saat di konfirmasi, Sabtu (21/1/2023).

Masih dikatakan Fahmi, pihaknya mendesainnya menjadi sebuah tematik artinya kemasan lokal yang tidak bisa ditinggalkan.

“Kita lihat sendiri di sekitar Pasar 16 Ilir ini ada dermaga tradisional yaitu jukung, ketek, speedboat. Jadi kita simbolkan perahu yang ada di sana yang berwarna coklat di tengah-tengah plaza,” ucap dia.

Pembuatan plaza 16 Ilir ini dimulai dari tahun 2018-2023 dan sekarang sudah jadi tinggal tahap administrasinya dan di serahkan aset ini kepada Pemkot Palembang.

“Kenapa lambat, dikarenakan alokasi anggarannya tidak terlalu banyak, jadi pembuatannya secara bertahap. Dan sekarang selesai dari anggaran APBN di bawah Kementrian Perhubungan RI sebesar kurang lebih Rp. 7,5 Miliyar,” kata Kepala BPTD Wilayah VII Sumsel dan Babel.

Selain dari tujuan yaitu merapikan kawasan 16 Ilir, kita juga ada petugas untuk menangani keselamatan dan pengamanan, maka plaza itu kita buat daerah steril, sehingga tidak tercampur antara pengunjung yang akan naik kapal atau pedagang asongan jadi lebih rapi.

“Plaza nya sendiri menjadi ikon nya Palembang, kita dorong juga nanti transportasi sungai, Dermaga 16 ilir dan 7 ulu nanti akan tertampung ke Jakabaring dan Tangga Buntung,” ujar dia.

Fahmi tinggal menunggu dari arahan pusat untuk akan segera launching tapi belum tahu waktunya, sekarang ini kita serahkan dulu aset ini kepada pemkot Palembang.

“Jadi setelah di serahkan ke Pemkot Palembang, baru bisa di launching kan,” tutup dia.

Sementara itu, Eti pengunjung dari luar Kota Palembang mengatakan, sekarang Pasar 16 Ilir ini sudah bagus apalagi ada plaza ini.

“Saya terkahir ke sini sekitar tahun 2015, baru ke sini lagi dan lihat begitu banyaknya perkembangan di Palembang makin banyak destinasi wisata,” kata Eti pengunjung dari Pekanbaru.

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *