Pameran pesawat tempur TNI AU di Palembang disaksikan ribuan warga

Warga diberikan kesempatan secara khusus untuk melihat dengan dekat alat utama sistem senjata (alutsista) pesawat tempur kebanggaan bangsa Indonesia ini dan sekaligus dapat bertemu langsung dengan para pilot TNI AU

Palembang (ANTARA) – Ribuan warga menyaksikan pameran atau “open base” pesawat tempur di Pangkalan Udara TNI AU Sri Mulyono Herlambang, Sukodadi, Kecamatan Sukarami, Kota Palembang, Sumatera Selatan, Ahad (28/8) 2022.

Pemegang Jabatan Sementara (Pgs) Kepala Dispotdirga Pangkalan Udara TNI AU Sri Mulyono Herlambang Mayor (Lek) Ishak Juarsyah di Palembang, Ahad menjelaskan sekitar 5.000 warga dari berbagai daerah yang melihat secara langsung beberapa unit pesawat tempur milik TNI AU di area “open base”

Di antaranya sebanyak delapan unit pesawat tempur F-16 dari Skadron 16 Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Riau dan satu unit helikopter Puma dari Skadron 8 Atang Sendjaja (ATS) Bogor, Jawa Barat yang dipamerkan.

Menurut dia, warga diberikan kesempatan secara khusus untuk melihat dengan dekat alat utama sistem senjata (alutsista) pesawat tempur kebanggaan bangsa Indonesia ini dan sekaligus dapat bertemu langsung dengan para pilot TNI AU.

Ia menjelaskan kedatangan alutsista tempur tersebut ke Palembang dalam rangka transit untuk mengikuti latihan Matra udara II Koopsus I Jalak Sakti 2022 yang akan berlangsung pada pekan depan.

“Mereka akan melaksanakan latihan, jadi sebelum itu hari ini sampai pukul 12.00 WIB tadi kami memberikan kesempatan pada warga karena semua alutsista pesawat tempur TNI AU adalah milik kita bersama, milik seluruh masyarakat Indonesia, dibelinya pun dari uang rakyat,” kata Ishak Juarsyah.

Sementara itu Rian (33) warga Kelurahan Sukajadi, Kabupaten Banyuasin, mengaku baru pertama kali melihat dari jarak dekat pesawat tempur tersebut meskipun memang jarak rumahnya dengan Landasan Udara terbilang cukup dekat. Pada kesempatan itu, ia mengajak serta anak perempuan dan istrinya untuk melihat kecanggihan sekaligus ber swa foto dengan pesawat tempur yang sering melintas di atas rumah mereka itu. “Pesawat F-16 ini ternyata yang beratraksi membentuk huruf 77 merayakan pada upacara kemerdekaan RI kemarin. ternyata memang canggih alutsista negara kita kami kagum. Kepada personel TNI AU kami ucapkan selamat berlatih dan tetap semangat. Jaya selalu TNI,” demikian Rian.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *