NasDem Teratas di Pileg DPRD Palembang, Gerindra Menyusul

Palembang – Partai NasDem kini berada di posisi teratas di Pemilihan Legislatif DPRD Palembang. Namun Partai Gerindra yang berada di posisi kedua terus berupaya mengejar perolehan suara. Jumlah perolehan suara antar dua partai tersebut sangat tipis.
Hal itu berdasarkan penghitungan secara riil atau real count yang dilihat detikSumbagsel di website pemilu2024.kpu.go.id, Senin (26/2/2024) pukul 08.00 WIB. Penghitungan suara sudah masuk 48,13% atau 2.299 TPS dari 4.777 TPS di Palembang.

Dalam penghitungan suara itu, Partai NasDem dan Partai Gerindra saling mengejar suara untuk merebut kursi Ketua DPRD Palembang. Di Pemilu sebelumnya, kursi Ketua DPRD Palembang dipegang oleh Partai Demokrat. Namun di penghitungan suara Pileg kali ini, Partai Demokrat berada di urutan ketiga.

Partai NasDem berada di posisi teratas dengan menguasai suara Palembang sebanyak 24.314 atau sekitar 16,07%. Kemudian Partai Gerindra di posisi kedua dengan perolehan suara 24.299 atau sekitar 16,06%.

Kemudian Partai Demokrat yang sebelumnya menduduki Ketua DPRD Kota Palembang sekarang ada di urutan ketiga dengan perolehan suara 17.157 atau sekitar 11,34%, dan hampir menyusul diposisi ke empat ada Partai PKS dengan perolehan suara sebanyak 16.563 atau sekitar 10.95 %.

Di posisi kelima ada Partai Golkar dengan perolehan suara 16.128 atau sekitar 10,66%. Sementara itu, PDI Perjuangan keluar dari lima besar dan berusaha mengejar dengan perolehan suara sementara sebanyak 13.392 atau sekitar 8,85%.

Meski begitu, hasil yang ditampilkan di situs KPU ini masih bersifat sementara dan bukan hasil akhir. KPU menyatakan publikasi form model C/D hasil adalah hasil penghitungan suara di TPS dengan tujuan memudahkan akses informasi publik.

Selain itu, KPU juga menyatakan hasil dari perhitungan suara dilakukan berjenjang oleh KPPS. Laporan akan disampaikan secara berjenjang dalam rapat pleno oleh PPK, KPU di tingkat Kabupaten, Kota hingga Provinsi sesuai UU yang berlaku.

Pos terkait