Ada Gugatan Sistem Proporsional Tertutup, Muhaimin: Politik dalam Keadaan Bahaya

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB, Muhaimin Iskandar mengatakan, gugatan pemilu sistem proporsional tertutup ke Mahkamah Konstitusi atau MK akan mengguncang situasi politik Indonesia saat ini. Ia menyebut gugatan tersebut benar-benar di luar dugaan.

“Kita akan menghadapi tantangan yang benar-benar baru, sesuatu yang di luar dugaan. Akan terjadi kejutan-kejutan, politik nasional maupun geopolitik,” ujarnya pada pembukaan uji kelayakan bakal caleg PKB di Jakarta pada Selasa, 21 Februari 2023.

Pria yang akrab disapa Cak Imin tersebut mengungkapkan gugatan tersebut merupakan perlakukan yang tidak adil karena tidak ada persiapan bagi KPU, partai, sampai para pemilih yang seharusnya dipersiapkan setidaknya 5 tahun.

Bacaan Lainnya

“Jadi kalo mengubah sistem hendaknya ketika mengakhiri pemilu, sehingga ada persiapan 5 tahun untuk semua komponen pemilu menyiapkan diri. KPU, parpol, masyarakat, pemilih, caleg, capres, semuanya harus menyiapkan diri,” ujar Muhaimin.

Cak Imin juga menyebut bahwa dengan adanya wacana perubahan sistem pemilu ke proporsional tertutup, menandakan bahwa negara sedang tidak baik-baik saja dan menjadi tantangan berat politik nasional.

“Artinya negeri ini sedang dangerous, sedang menghadapi keadaan yang berbahaya. Politik dalam keadaan bahaya. Ini tantangan berat. Konstalasi politik nasional kita berubah tanpa kita tahu yang bakal terjadi,” kata Wakil Ketua DPR ini.

Sebelumnya wacana perubahan sistem pemilu proporsional tertutup datang saat 6 penggugat mengajukan judicial review ke Mahkamah Konstitusi pada 2022 lalu untuk mengubah sistem pemilu menjadi proporsional tertutup pada UU Nomor 7 Tahun 2017.

Keenam pemohon tersebut ialah Demas Brian Wicaksono yang merupakan kader PDIP, Yuwono Pintadi anggota partai NasDem, lalu keempat penggugat lain yaitu Farurrozi, Ibnu Rachamn Jaya, Riyanto, dan Nono Marjiono merupakan non partai.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *