Tesla Buka Kantor dan Showroom di Malaysia

Pemerintah Malaysia telah mengizinkan Tesla mengimpor kendaraan listrik atau EV yang dioperasikan dengan baterai ke Negeri Jiran itu.

Sejalan dengan itu, Tesla akan mendirikan kantor di Malaysia, memperkenalkan showroom, pusat servis, dan mendirikan jaringan “supercharger”, menurut Kementerian Perdagangan dan Industri Internasional Malaysia, seperti dikutip Free Malaysia Today, Rabu, 1 Maret 2023.

Kementerian Perdagangan mengatakan, kehadiran Tesla di Malaysia diharapkan dapat menciptakan peluang bagi pekerja di segmen kendaraan listrik untuk meningkatkan keterampilan dan pekerjaan dengan gaji yang lebih baik.

Read More

“Ini juga akan meningkatkan partisipasi perusahaan lokal dalam ekosistem Tesla, baik secara domestik maupun global,” kata kementerian tersebut.

“Kami senang dengan keputusan Tesla untuk membangun kehadirannya di ekosistem kendaraan listrik di Malaysia,” kata Menteri Tengku Zafrul Aziz dalam sebuah pernyataan.

Malaysia tidak mengatakan kapan Tesla akan membuka kantor.

Tesla, yang dijalankan oleh Elon Musk, belum mengeluarkan pernyataan tentang kehadirannya di Malaysia itu.

Tesla, yang merupakan salah satu produsen terdepan dalam kendaraan listrik, juga diincar oleh pemerintah Indonesia untuk membuka perusahaan di sini.

Presiden Joko Widodo sebelumnya menyatakan keyakinannya bahwa Tesla akan berinvestasi di Indonesia, yang menawarkan insentif kepada pembuat mobil AS tersebut mulai dari keringanan pajak hingga konsesi untuk menambang nikel.

Jokowi telah mengadakan pembicaraan dengan kepala eksekutif Tesla Elon Musk dua kali, bertemu langsung dengannya di fasilitas SpaceX di Texas dua tahun lalu dan panggilan telepon, untuk mencoba mendapatkan kesepakatan.

“Saya bilang ke dia kalau mau investasi di Indonesia, saya kasih konsesi nikel,” kata Jokowi dalam wawancara dengan Reuters, 1 Februari 2023, merujuk pada tawaran konsesi pertambangan Indonesia.

Insentif lainnya termasuk keringanan pajak dan skema subsidi pembelian EV untuk membangun pasar Tesla di negara terpadat keempat di dunia, katanya. Indonesia sedang menyiapkan aturan subsidi untuk mobil dan sepeda motor listrik.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *