Shin Tae-yong dalam Sorotan Usai Jerman Tersingkir di Piala Dunia 2022

KOMPAS.com – Wajah pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong kembali menjadi sorotan sesaat setelah Jerman tersingkir dari babak penyisihan grup Piala Dunia 2022 .

Dalam akun Instagram resmi FIFA World Cup, penikmat sepak bola diajak bernostalgia pada pertandingan terakhir babak penyisihan Grup F Piala Dunia 2018 antara Korea Selatan melawan Jerman.

Empat tahun lalu, Jerman butuh kemenangan atas Korea Selatan untuk lolos dari fase grup. Namun, yang terjadi justru Korea Selatan asuhan Shin Tae-yong mencetak dua gol pada masa injury time untuk menyegel kemenangan.

Video pada akun FIFA World Cup tersebut, memperlihatkan reaksi Shin Tae-yong saat Kim Young-gwon mencetak gol pada menit ke-90+2.

Kemudian, sesaat setelahnya, Son Heung-min menggandakan keunggulan Korea Selatan atas Jerman pada menit ke-90+6.

Pada setiap momen Korea Selatan mencetak gol, Shin Tae-yong terlihat berselebrasi dan memeluk para asisten pelatihnya, sebelum akhirnya menyalami pelatih Jerman saat itu, Joachim Loew, saat peluit panjang berbunyi.

Namun, kemenangan tersebut tak cukup untuk mengirim Taeguk Warriors, julukan Korea Selatan, ke babak 16 besar Piala Dunia 2018.

Hal itu membuat Shin merasa hampa walaupun telah meraih salah satu kemenangan mengejutkan dalam sejarah Piala Dunia.

“Saya merasa senang namun di saat yang sama sedikit hampa, jadi perasaan saya tercampur aduk,” kata Shin setelah pertandingan, dikutip dari FIFA.

“Kemarin kami bilang bahwa hanya ada satu persen kesempatan dan saya bilang pada para pemain itu adalah usaha terakhir untuk mereka dan saya meminta mereka berjuang hingga akhir,” tutur Shin.

“Jerman adalah juara bertahan dan nomor satu di ranking FIFA, jadi saya memikirkan apa kesalahan yang mungkin mereka buat karena mereka mungkin merasa bisa mengalahkan kami.”

Sejarah kembali terulang empat tahun kemudian, ketika kemenangan dari wakil Asia berandil terhadap tersingkirnya Jerman di babak penyisihan grup Piala Dunia 2022.

Pada matchday terakhir Grup E Piala Dunia 2022, Jepang berhasil menang 2-1 atas Spanyol, dan kemenangan 4-2 Jerman atas Kosta Rika tak cukup untuk membawa mereka lolos dari grup neraka.

Jepang pun berhak menjadi juara Grup E dengan raihan 6 poin dan lolos ke babak 16 besar bersama Spanyol sebagai runner-up via koleksi 4 angka.

Jerman mengoleksi jumlah poin yang sama dengan Spanyol, namun Der Panzer (+1) kalah dalam aspek selisih gol dengan La Furia Roja (+6).

Hasil ini membuat Jerman harus tersingkir di fase grup pada dua Piala Dunia berturut-turut. Kekalahan dari wakil Asia juga lagi-lagi menjadi faktor kegagalan Jerman.

Pada pertandingan pembuka Grup E Piala Dunia 2022, skuad asuhan Hansi Flick tersebut gagal mengalahkan Jepang dan takluk dengan skor 1-2.

Gol penalti Ilkay Guendogan pada menit ke-33 tidak cukup untuk mengantarkan Jerman menuju kemenangan. Jepang justru mencatat comeback pada babak kedua lewat gol Ritsu Doan (76′) dan Takuma Asano (83′).

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *