3 Pemain Bintang yang Absen untuk Timnas Indonesia Saat Hadapi Burundi, Ada Wonderkid Eks Persebaya

INDOSPORT.COM – Sejumlah pemain bintang andalan timnas Indonesia tidak akan bisa tampil saat menghadapi Burundi di pertandingan uji coba agenda FIFA.

Duel seru tersaji di pertandingan FIFA Matchday antara Timnas Indonesia vs Burundi di Stadion Candrabaga yang akan digelar pada Sabtu (25/03/23) malam WIB.

Timnas Burundi sendiri masuk dalam syarat daftar PSSI dalam mencari lawan untuk bertanding di agenda FIFA pertandingan internasional.

Bacaan Lainnya

Salah satu syarat PSSI dalam mencari lawan baru yakni harus berada di atas timnas Indonesia di daftar ranking FIFA sesuai keinginan pelatih Shin Tae-yong.

Saat ini, Timnas Indonesia sendiri bertengger di posisi ke-151 dalam ranking FIFA, sementara Burundi berada di peringkat ke-141 dunia.

Sebetulnya, Burundi bukanlah satu-satunya lawan yang coba dijajaki oleh Skuad Garuda dalam laga yang akan digelar dalam dua pertemuan.

Laga pertama akan digelar dua pekan mendatang, atau pada 25 Maret 2023, sementara laga kedua akan digelar tiga hari setelahnya pada 28 Maret 2023.

Saat ini pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong sendiri sudah memanggil 28 pemain yang akan dibawa menghadapi Burundi.

Daftar pemain itu diumumkan PSSI, Rabu (14/3/2023). Indonesia akan melawan Burundi di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi.

Dari 28 nama yang dipanggil, beberapa di antaranya pulang dari ‘dinas luar negeri’, seperti Elkan Baggott, Asnawi Mangkualam, Jordi Amat, Pratama Arhan, Shayne Pattynama, dan Saddil Ramdani. Sisanya merumput dalam negeri.

Namun ada beberapa pemain bintang yang justru tidak mendapat panggilan dari Shin Tae-yong untuk membela Timnas Indonesia vs Burundi. Siapa saja?

Marselino Ferdinan

Marselino secara mengejutkan tidak masuk dalam daftar skuad Timnas Indonesia. Padahal, Marselino sebelumya selalu diandalkan Shin Tae-yong.

Dia menjadi pemain utama di Timnas Indonesia pada level U-19, U-23, dan senior. Marselino baru pindah ke KMSK Deinze pada bursa transfer paruh musim 2022/2023.

Shin Tae-yong sempat menilai keputusan Marselino pindah terlalu cepat. Menurutnya, eks pemain Persebaya itu harusnya pindah setelah Piala Dunia U-20 2023.

Namun Marselino ngebet ingin berkarier di Eropa sehingga memilih gabung sebelum Liga 1 musim ini berakhir.

Adapun alasan PSSI tidak memanggil Marselino Ferdinan lantaran pemain KMSK Deinze tersebut dipersiapkan untuk Piala Dunia U-20 mendatang.

“Iya kami pertimbangkan itu, supaya nanti fokusnya ke Piala Dunia U-20 2023,” kata Indra Sjafri.

Ilija Spasojevic

Ilija Sposojevic sempat dibuat frustasi ketika timnas Indonesia dilatih oleh Shin Tae-yong, lantaran dirinya kerap tidak lirik untuk membela Skuad Garuda di ajang internasional.

Puncaknya ketika Spasojevic mampu membawa Bali United juara Liga 1 2021-2022, serta menyabet gelar top skor dengan torehan 23 gol.

Namun baru di tahun 2022 pemain naturalisasi dari Montenegro itu diberi kesempatan membela Timnas Indonesia untuk ajang Piala AFF 2022.

Saat itu, Spasojevic mencetak satu gol dari lima laga yang dimainkan. Spaso lebih sering jadi pemain pengganti.

Kini, Shin Tae-yong tak memanggil jasa Spasojevic walau performanya di BRI Liga 1 cukup bagus dengan sudah membuat 15 gol. Sang pelatih kembali pada nama lama yakni Dimas Drajad yang pulih dari cedera.

Sandy Walsh

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong sudah mengumumkan 28 nama pemain yang dipanggil untuk FIFA Matchday Maret 2023 ini. Tak ada nama Sandy Walsh dalam skuad terbaru ini.

Sananta Walsh pun mengaku sedikit kecewa dengan kenyaatan bahwa namanya tak dipanggil ke Timnas Indonesia. Sandy pun menargetkan bisa segera bergabung dengan Skuad Garuda di kesempatan selanjutnya.

Keputusan Shin Tae-yong tak memanggil Sandy Walsh sepertinya sudah tepat. Pemain naturalisasi itu memang sedang menjalani tahap pemulihan dari cedera panggul yang dialami sejak awal Februari 2023.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *