Viral, Peti Pasien Covid Terjatuh, Akui Petugas di Pali Kelelahan Saat Pemakaman

0
231

SUMEKS.CO- PALI – Viral. Video pemakaman menggunakan  standar  protokol Covid-19 terhadap pasien yang meninggal di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Sumsel   terjadi insiden. Ya,  saat penurunan peti jenazah ke liang lahat terjatuh miring dan jenazahnya terlepas dari peti.

Sontak saja, sebagian keluarga marah dan mengumpat kepada petugas. Namun petugas tetap sabar, dan mungkin lalai dan kecapekan. Seorang keluarga dalam video mengatakan, bahwa saudaranya yang meninggal hasil swabnya belum keluar dan sudah setahun lalu menderita diabetes.

Berdasarkan rekaman video, terlihat mereka memakai tali dan kayu saat menurunkan. Talinya terlihat kecil, seyogyanya tali tersebut harus besar. Seperti tali tambang yang ukuran diameter perlu agak besar.

Hal itu diakui, Ketua Gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten PALI, Junaidi Anuar SE MSi, bahwa hal tersebut diluar apa yang direncanakan pihaknya sesuai standar pemakaman Covid-19.

“Saya mewakili gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten PALI memohon maaf kepada pihak keluarga. Karena insiden ini bisa terjadi, dan mudah-mudahan tidak akan terulang kembali,” ungkapnya.

Dikatakanya, bahwa pemakaman standar Covid-19 tersebut sesuai arahan dari pihak rumah sakit dimana pasien tersebut dirawat. Sedangkan terkait insiden itu, sebelum pemakaman sudah dilakukan briefing dan dilakukan penjelasan cara pemakaman standar Covid-19.

“Kami akui insiden tersebut, terjadi akibat petugas kita yang kelelahan dan saat pemakaman dilakukan di bulan ramadhan. Serta jarak petugas kita membawa peti jenazah ratusan meter, jadi kami akui petugas kita kelelahan. Kepada keluarga pasien sekali lagi kami mohon maaf,” tambahnya.

Sebelumnya, berdasarkan informasi pada 21 Mei 2020 lalu, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Talang Ubi telah mengeluarkan surat pernyataan kematian terhadap pasiennya S (57) warga Kelurahan Bhayangkara, Kabupaten PALI.

Di dalam surat tersebut, almarhumah dinyatakan MD Tipe ll+Oastknhs Rsrif+Anemia+PDP COVID-19. Dan pada hari itu juga jenazah almarhumah dimakamkan dengan pemakaman aturan Covid-19. (ebi/ckm)