Tatap Muka’ SMA, Tunggu Rekomendasi Gugus Tugas Pusat

0
225

SUMEKS.CO- PRABUMULIH- Terkait merebaknya rencana penerapan New Normal di Palembang dan Kota Prabumulih yang termasuk dalam daftar 25 kabupaten kota, yang akan membuka kembali akses semua bidang,  termasuk pendidikan, ternyata belum ‘ada kepastian’.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sumatera Selatan H Riza Pahlevi saat dikonfirmasi awak media, melalui telepon Sabtu (30/52020) mengatakan bahwa pihaknya masih menunggu rekomendasi dari gugus tugas tingkat pusat dalam hal ini Menteri Kesehatan.

Karna menurutnya , saat pandemi ini yang menentukan layak atau tidaknya sekolah melaksanakan proses pembelajaran tatak muka tersebut, bukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Melainkan Gugus tugas Covid-19 dalam hal ini Menteri Kesehatan yang disetujui oleh kepala daerah.

” Jika memang daerah Sumatera Selatan,  khususnya Palembang dan Prabumulih yang masuk dalam kabupaten kota yang siapnya normal, sudah dikategorikan layak untuk melakukan pertemuan tetap muka, mengapa tidak. Namun sampai saat ini status sebagai zona merah tersebut masih belum berganti,”jelasnya.

Selanjutnya jika memang sudah mendapatkan rekomendasi dari Kementerian Kesehatan, pihaknya menyatakan siap. Karena saat ini sudah disosialisasikan kepada seluruh sekolah khusus SMA dan SMK se Sumatera Selatan untuk mempersiapkan sarana pendukung penerapan New Normal.

“Point pentingnya persiapan sekolah diantaranya wastafel dibeberapa titik, handsanitizer, dalam satu kelas tidak lebih dari 20 orang, persiapan masker untuk siswa yang tidak membawa masker,”bebernya.

Lebih jauh Riza mengatakan bahwa untuk saat ini, tingkat SMA, SMK dan SLB harusnya berakhir pada hari ini Sabtu 30 Mei 2020.  Namun karena keadaan masih belum memungkinkan maka diperpanjang hingga tanggal 13 Juni 2020, berdasarkan surat edaran No 420/ 4529/SMA.1/ Disdik/SS/2020

“Untuk selanjutnya, sambil menunggu instruksi, kita lihat situasi. Jika memang keadaan masih seperti ini dan melihat perkembangan selanjutnya akan diterapkan sesuai situasi dan kondisi ,”tandasnya.

Semantara diperoleh informasi dari lingungan Diknas Kota Palembang, Berdasarkan instruksi terbaru Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang dalam menghadapi “New Normal” maka seluruh guru wajib masuk kerja seperti biasa tanpa terkecuali pada tanggal 2 Juni 2020 dan seluruh siswa akan masuk pada tanggal 15 Juni 2020.

Untuk secara teknis pelaksanaan kegiatan belajar mengajar (KMB) di sekolah kita akan mengadakan rapat di sekolah. Pemberitahuan sebelumnya yang menyatakan, bahwa sekolah libur diperpanjang,  mulai tanggal 30 Mei sampai dengan 13 Juli 2020 dibatalkan,”jelas Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang, H Ahmad Zulinto (sep/05/nn/ckm)