Taman Nasional Sembilan Banyuasin Akan Dilengkapi Villa Laut dan Transportasi Bus Air

0
312

Taman Nasional Sembilan Banyuasin Akan Dilengkapi Villa Laut dan Transportasi Bus Air

TRIBUNSUMSEL.COM, BANYUASIN-Pemkab Banyuasin berencana membangun penginapan berkonsep villa laut di Taman Nasional Sembilang Berbak.

Pembangunan vbilla untuk menggaet lebih banyak kunjungan wisatawan lokal dan mancanegara.

Taman Nasional (TN) Sembilang merupakan kawasan yang banyak didatangi burung migran.

Banyak jenisnya mulai dari burung trinil pembalik batu, burung pantai, burung kedidi putih, burung kedidi merah, burung kedidi gol–gol, burung kedidi leher merah, burung kedidi besar.

Ada lagi burung cerek tilil, burung cerek pasir besar, burung cerek pasar mongolia, burung biru laut ekor blorok, burung biru laut ekor hitam.

Rencana pembangunan itu di sampaikan Bupati Banyuasin, Askolani, Rabu (28/11/2018).

“Akan kita goda investor untuk bangun villa laut itu, konsep itu untuk menggaet wisatawan lokal dan mancanegara,” kata Askolani.

Pembangunan Villa laut nantinya bertujuan agar wisatawan lokal maupun mancanegara yang berkunjung dapat menginap di lokasi sembari menikmati keindahan wisata alam di sana.

Selain itu, akan ada penambahan infrastruktur bus air sehingga dapat mendukung pembangunan penginapan dengan konsep yang unik.
“Kita juga akan siapkan bus air, Jadi mereka dapat menginap di sana,”ungkapnya.

Namun untuk mempermudah wisatawan lokal dan mancanegara menuju ke lokasi Taman Nasional Sembilang Berbak tersebut, Pemkab akan memperbaiki akses jalan menuju dermaga sungai melalui jalan Tanjung Api-Api.

Dikatakannya, sejauh ini telah ada investor yang tertarik untuk meggarap pembangunan tersebut.

Diharapkan dalam waktu dekat dapat terlaksana guna meningkatkan geliat ekonomi warga sekitar.

Kurangnya infrastruktur pendukung sebagai penunjang wisata dibenarkan oleh Dinas Pendidikan Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Banyuasin.

Kepala Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nasutman mengatakan, saat ini wisatawan yang berkunjung selalu menginap di permukiman warga sekitar.

“Karena sarana dan prasarana belum lengkap selama ini wisatawan menggunakan pemukiman warga sekitar,”ujarnya.

Padahal diperkirakan lebih dari 65 jenis burung air yang berkembang biak di lahan basah indonesia khususnya TN Sembilang Berbak (penetap/resident).

Selain itu ada sekitar 27 jenis burung yang migran di dataran lumpur Semanjung Banyuasin – TN Sembilang Merbak setiap tahunnya.

Tidak hanya itu di kawasan TN Sembilang yang memiliki luas sekitar 2.051 km2 ini terdapat Harimau Sumatera, Gajah Asia, Tapir Asia, Siamang, Kucing Emas, Rusa Sambar, Buaya Muara, Ikan Sembilang, Penyu Air Tawar Raksasa, Lumba-Lumba Air Tawar.

Artikel ini telah tayang di Tribunsumsel.com dengan judul Taman Nasional Sembilan Banyuasin Akan Dilengkapi Villa Laut dan Transportasi Bus Air, http://sumsel.tribunnews.com/2018/11/28/taman-nasional-sembilan-banyuasin-akan-dilengkapi-villa-laut-dan-transportasi-bus-air?page=2.

Editor: Wawan Perdana