Protes THR, Ratusan Pekerja Mogok Massal

0
12

RUPIT – Ratusan pekerja PT Buana Sriwijaya Sejahtera (BSS) di Desa Biaro Lama, Kecamatan Karang Dapo, Kabupaten Muratara, Sumsel melakukan aksi mogok kerja massal. Mereka menolak keputusan sepihak perusahaan tentang pembayaran tunjangan hari raya (THR) yang dituding tidak sesuai.

Pais, pekerja PT BSS mengatakan bahwa aksi mogok kerja yang mereka lakukan sudah berlangsung dua hari, sejak Kamis (14-15/5). Aksi dilakukan sebagai buntut kekecewaan pekerja terhadap keputusan perusahaan terkait dua point permasalahan. Seperti, pembayaran gaji April 2020 untuk karyawan non staf seharusnya dibayar pada 10 Mei 2020, sampai hari ini (15/5) belum dibayar dan karyawan menuntut agar dibayar serta poin kedua menuntut pembayaran THR.

“Perusahaan membayar sesuai dengan Peraturan Pemerintah No 78 Tahun 2015 tentang pengupahan. Dilanjut pasal 8 tentang tata cara pembayaran THR,” kata Pais.

Dia mengatakan, saat ini karyawan melakukan aksi mogok kerja menuntut hak mereka agar dibayar. Dan karyawan tidak terima dengan memorandum internal yang disampaikan perusahaan. Secara normatif karyawan PT BSS bekerja secara normal tanpa ada dampak COVID-19. Keputusan pembayaran perusahaan tidak ada kesepakatan dengan buruh atau karyawan sebagaiman edaran Kepmen No 6 Tahun  2020.

“Jika alasan keuangan tidak stabil, perusahaan tidak pernah memaparkan data kondisi data keuangan perusahaan. Baik terhadap pemerintah maupun terhadap buruh atau karyawan. Jadi kami menolak memorandum internal yang disampaikan perusahaan mengenai upah dan pembayaran THR itu,” tegasnya. (cj13)