Permohonan Dispensasi Nikahi Anak di Bawah Umur Melonjak, Apa Sebabnya?

0
5

Permohonan Dispensasi Nikahi Anak di Bawah Umur Melonjak, Apa Sebabnya?

TRIBUNSUMSEL.COM, LUBUKLINGGAU – Dalam kurun Januari hingga Oktober 2018 Pengadilan Agama (PA) Lubuklinggau menerima permintaan dispensasi menikah sebanyak 130 perkara.

Dari jumlah pengajuan tersebut yang diputus PA Lubuklinggau sebanyak 117 perkara. Dari 117 perkara itu 70 persen permintaan dispensasi nikah karena di bawah umur, kemudian 20 persen Isbat nikah dan 10 persen lain-lain.

Humas PA Lubuklinggau, H Raden Syarnubi mengatakan jumlah perkara yang ditangani selama tahun 2018 meningkat 100 persen dari perkara yang ditangani tahun 2017 lalu.

“Sekarang naik lebih dua kali lipat, jumlah tahun lalu tercatat hanya 41 pasangan yang mengajukan dispensasi nikah,” ungkap Raden pada awak media, Jumat (30/11).

Raden menyebutkan mereka yang mengajukan itu karena rata-rata mengalami ‘kecelakaan’. Pengajuan perkara dispensasi menikah pun hampir semuanya dikabulkan oleh pengadilan.

“Apabila administrasi sudah lengkap serta berdasarkan pertimbangan asas kemaslahatan dan kemudharatan, maka kami kabulkan,” katanya.

Dijelaskannya dispensasi nikah prosesnya diajukan oleh orangtua para calon pasangan. Setelah itu PA memeriksa dan berkeyakinan bahwa terdapat hal-hal untuk memberikan dispensasi tersebut.

“Maka PA memberikan dispensasi nikah dan salinan penetapan tersebut diberikan kepada pemohon untuk memenuhi persyaratan melangsungkan pernikahan,” paparnya.

Selain itu Raden juga menyebutkan di PA Lubuklinggau selama tahun 2018 menangani 1.275 perkara. Berasal dari Kabupaten Musi Rawas (Mura) Lubuklinggau dan Musi Rawas Utara (Muratara).

“1.275 perkara itu terbagi menjadi gugatan cerai, waris hibah, dan izin poligami serta hak asuh anak. Dari jumlah itu yang kita putus 1172,” ujarnya.

Ditambahkan Raden jumlah perkara yang diputus itu 90 persen perkara gugatan cerai. Penyebab permintaan cerai bermacam-macam, namun paling banyak karena masalah ekonomi, narkoba, dan selingkuh.

“Sedangkam gugatan ekonomi syariah yang kita tangani sampai saat ini hanya 1 perkara,” tambahnya. (Joy)

Artikel ini telah tayang di Tribunsumsel.com dengan judul Permohonan Dispensasi Nikahi Anak di Bawah Umur Melonjak, Apa Sebabnya?, http://sumsel.tribunnews.com/2018/11/30/permohonan-dispensasi-nikahi-anak-di-bawah-umur-melonjak-apa-sebabnya?page=2.
Penulis: Eko Hepronis
Editor: Prawira Maulana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here