Pedagang Kue Mulai Menjamur

0
15

PALI – Menjelang hari raya Idul Fitri, pedagang kue lebaran sudah mulai menjamur disejumlah pasar dan kalangan di wilayah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), meskipun aktivitas jual beli masih terbilang sepi akibat wabah virus corona atau Covid-19.

Seperti dikatakan Iwo (43), salah satu pedagang kue dan buah-buahan bahwa sejak menggelar lapaknya, jumlah pembeli dapat dihitung. “Mungkin karena adanya virus corona ini,  pengunjung sepi. Sejak kami membuka lapak dagangan, pengunjung pasar belum banyak tertarik untuk membeli kue lebaran,” katanya, Kamis (14/5/2020).

Diakuinya, bahwa untuk harga berbagai jenis kue lebaran tahun ini melonjak tajam, kenaikannya mencapai 30 persen. “Yang biasanya dijual per kantong Rp15 ribu, saat ini mencapai Rp25 ribu perkantong. Alasan dari pengepul menaikan harga, katanya pengiriman barang terhambat gara-gara banyak daerah berlakukan PSBB,” akunya.

Dalam menekan harga-harga kebutuhan pokok, Plt Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagprin) Kabupaten PALI Ida Martini mengatakan, bahwa pihaknya akan terus melakukan pemantauan di pasar dan kalangan di wilayahnya.

“Namun sejauh ini belum ada terjadi kenaikan yang signifikan di pasaran. Hanya saja, gula putih yang masih terbilang tinggi, tapi yang lainnya masih normatif,” terangnya. (ebi)