Muara Enim Tambah 5 Positif Covid-19

0
290

Kasus Transmisi Lokal Pertama

MUARA ENIM – Jumlah pasien positif virus covid-19 di wilayah Kabupaten Muara Enim bertambah lima orang. Kelima yang baru dinyatakan poaitif itu adalah pasien kasus 329 usia 27 tahun, kasus 332 usia 24 tahun, kasus 334 usia 56 tahun, kasus 336 usia 40 tahun dan kasus 440 usia 39 tahun.

“Kelimanya adalah transmisi lokal dari kasus 60 asal Palembang,” ujar Juru Bicara Satuan Gugus Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Muara Enim Panca Surya Diharta, kepada awak media menyampaikan keterangan pers, Kamis (14/5/2020).

Lanjut Panca, bertambahnya lima pasien positif corona kali ini merupakan kasus transmisi lokal pertama, sekaligus juga menambah total pasien positif menjadi 8 orang. “Hari ini ada lima penambahan pasien positif corona sehingga total ada 8 orang terkonfirmasi, sebelumnya ada 3 terkonfirmasi satu diantaranya meninggal dunia,”kata Panca.

Disebutkannya, kelima pasien positif tersebut empat diantaranya petugas tenaga medis di RSUD dr HM Rabain. Sementaranya satunya adalah salah seorang keluarga tenaga medis yang terjangkit covid-19 lebih dulu. “Jadi kasus kelimanya dipastikan transmisi lokal, karena penyebaran dari pasien sebelumnya yang sudah terpapar disini, bukan berasal dari luar,”jelasnya.

Panca menerangkan, kelima pasien positif baru ini diketahui setelah keluarnya hasil uji swab yang dilakukan Balai Laboratorium Kesehatan Palembang. Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Muara Enim sebelumnya mengirim sampel kelimanya tersebut untuk di uji swab karena dinyatakan reaktif rapid tes. “Setelah dinyatakan positif, kelimanya langsung dirawat di RSUD Rabain, kota Muara Enim,”terangnya.

Tim gugus tugas sudah melakukan rapat yang dipimpin langsung Plt Bupati Muara Enim selaku ketua gugus tugas guna mengambil langkah kedepan.

“Kami sekarang masih menunggu 15 hasil tes swab dari BBLK dan apabila positif maka akan dilakukan pemindahan pelayanan dari RS dr HM Rabain ke rumah sakit Bukit asam,”tegasnya.

Selain itu, RS dr HM Rabain akan dilakukan seterilisasi secara menyeluruh baik ruangan maupun peralatan guna memutus rantai penyebaran covid 19. “Tapi kita lihat dulu perkembangannya, kami berharap hasilnya nanti negatif,” harapnya.

Mengenai adanya tenaga medis yang positif covid 19, menurut panca diantisipasi dengan sistem shift. “Dilakukan dengan sistem shift guna mengatasi keterbatasan tenaga medis,” tuturnya.

Panca menambahkan, sejauh ini total sampel yang telah diperiksa laboratorium BBLK Palembang sebanyak 28 orang dengan rincian 26 OTG dan 2 ODP. “Adapun hasilnya jumlah sampel positif sebanyak 6 orang, jumah sampel negatif 7 orang dan masih dalam proses pemeriksaan 15 orang,” jelasnya.(ozi)