Jembatan Bulu Itam Prabumulih Rusak Parah, Walikota Ridho Yahya Pastikan Tahun 2019 Dibangun Baru

0
259

Jembatan Bulu Itam Prabumulih Rusak Parah, Walikota Ridho Yahya Pastikan Tahun 2019 Dibangun Baru

TRIBUNSUMSEL.COM, PRABUMULIH – Cukup lama tertunda, akhirnya Pemerintah Kota (Pemkot) Prabumulih memastikan pembangunan Jembatan Buluh Itam.

Jembatan berloksi di Jalan Tenggamus, Kelurahan Muaradua, Kecamatan Prabumulih Timur, akan dilakukan pembangunan pada awal 2019 mendatang.

Hal itu diungkapkan Walikota Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM kepada sejumlah wartawan ketika diwawancarai belum lama ini.

“Jembatan buluh itam akan diperbaiki awal 2019 nanti, kondisinya sudah sangat parah jadi akan kita bangun baru bukan diperbaiki,” ungkap Walikota Prabumulih, Ridho Yahya.

Ridho mengatakan, pembangunan Jembatan Buluh Itam tidak menggunakan APBD Kota Prabumulih tetapi menggunakan dana alokasi khusus (DAK) yang bersumber dari APBN (dana pusat).

“Untuk jumlah dana silahkan langsung ke dinas PU karena mereka lebih paham.”

“Kita terus berupaya menarik dana pusat untuk pembangunan di kota Seinggok Sepemunyian,” beber suami Ir Hj Suryanti Ngesti Rahayu itu.

Sementara Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), H Beni Akbari ST mengatakan, pembangunan Jembatan Buluh Itam diperkirakan menelan anggaran sebesar Rp 2,5 miliar.

“Pembangunan awal 2019 melalui DAK, jembatan bulu itam itu memang sejak awal kita masukan (usulkan) pembiayaannya melalui program DAK diusulkan sebesar Rp 2,8 miliar,” katanya.

Pria yang baru saja menjalani assessment lelang jabatan esselon II ini menjelaskan, proyek perbaikan jembatan buluh itam direncanakan dikerjakan secepatnya.

“Jembatan itu skala prioritas karena menghubungkan beberapa wilayah dan banyak warga melintas di jalan tersebut,” bebernya.

Untuk diketahui, Jembatan Bulu Itam mengalami kerusakan dan ambles bagian pondasi akibat tergerus air sungai.

Pemerintah melakukan perbaikan dengan memasang talut dibagian bawah jembatan namun kembali mengalami kerusakan dan jembatan amblas atau mengalami penurunan.

Kendaraan yang melintas khususnya roda empat akan tersangkut ketika melintas karena amblas cukup dalam.

Artikel ini telah tayang di Tribunsumsel.com dengan judul Jembatan Bulu Itam Prabumulih Rusak Parah, Walikota Ridho Yahya Pastikan Tahun 2019 Dibangun Baru, http://sumsel.tribunnews.com/2018/11/30/jembatan-bulu-itam-prabumulih-rusak-parah-walikota-ridho-yahya-pastikan-tahun-2019-dibangun-baru.
Penulis: Edison
Editor: Wawan Perdana