Jalan Provinsi ini Babak Belur

0
317

TEBING TINGGI – Jalan lintas provinsi di wilayah Kabupaten Empat Lawang, banyak yang mengalami kerusakan parah. Diantaranya jalan penghubung Kecamatan Pendopo dengan Kecamatan Ulu Musi, saat ini di beberapa lokasi kondisinya rusak parah.

Beberapa lokasi jalan mengalami kerusakan tepatanya, di Desa Lingge dan Desa Tanjung Raya. Di lokasi itu terdapat jalan amblas dan retak-retak yang sangat parah.

Tak hanya di lokasi itu, jalan amblas dan retak-retak ini terdapat disepanjang jalan yang menghubungkan Kecamatan Pendopo-Ulu Musi. Pengendara harus hati-hati melintasi jalan tersebut.

Jalan amblas di Desa Lingge hampir mengahabisi semua badan jalan. Dilokasi itu juga terdapat satu lubang yang mengagah kedalaman sekitat 50 cm, jika digenangi air mirip seperti kolam ikan.

Pengendara serta warga setempat berharap kepada pihak pemerintah, baik Kabupaten, Provinsi maupun Pusat untuk dapat memperbaiki kerusakan jalan tersebut segera.

“Masyarakat sangat mengharapkan perbaikan jalan ini karena khawatir terjadi laka lantas yang bisa merengut nyawa. Apalagi jalan ini jalan utama yang ramai di lintasi masyarakat banyak,” ungkap Watun, warga setempat.

Kerusakan itu, kata dia, sudah cukup lama dan semakin hari semakin parah karena selalu dilintasi kendaraan. Sedangkan perbaikan belum permanen, ditambah genangan air dan hujan.

Kepala BPBD Empat Lawang Kuswinarto mengatakan, pihaknya sudah turun ke lokasi mengecek langsung kondisi jalan tersebut. Pihaknya akan berkordinasi kepada Dinas PUPR untuk mengambil langka-langkah selanjutnya.

“Sudah kami koordinasikan dengan PUPR karena mereka punya alat berat. Pihak PUPR katanya akan sesegera mungkin dilaporkan ke pihak provinsi karena jalan provinsi,” ujarnya.

Terpisah Kabid Bina Marga, Dinas PUPR Empat Lawang, Eko Purwanto mengatakan, pihaknya sudah melaporkan prihal jalan itu ke Provinsi.

“Sudah kita laporkan ke Dinas PU Provinsi. Insya Allah menurut info kalo tidak ada halangan, tahun ini juga akan dilakukan perbaikan jalan tersebut,” tukasnya. (eno)