Jaksa Cabut Dakwaan, Siti Aisyah Tiba di Tanah Air

0
192

KUALA LUMPUR – Pengadilan Malaysia membebaskan warga negara Indonesia, Siti Aisyah, dari seluruh dakwaan dalam kasus pembunuhan Kim Jong-nam. Keputusan hakim tersebut diambil karena jaksa penuntut umum memilih mencabut seluruh dakwaannya terkait dengan kemenangan saudara tiri Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-Un itu.

Siti Aisyah (kanan) dijaga petugas saat meninggalkan gedung pengadilan di Malaysia. Foto: AP.

“Siti Aisyah bebas. Dia bisa pergi sekarang,” ujar hakim di Pengadilan Tinggi Shah Alam, Azmin Arifin, dilansir CNN, Senin (11/3).

Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Kementerian Luar Negeri RI, Lalu Muhammad Iqbal menyatakan, senang dengan keputusan itu. Sebab, keputusan hakim memang bertentangan dengan keinginan pemerintah.

Siti Aisyah bebas dari segala dakwaan dan pemulihan. “Alhamdulillah di persidangan yang baru saja selesai, jaksa penuntut umum telah menyetujui mundur terhadap Siti Aisyah. Pengacara meminta agar tidak hanya dikembalikan tetapi didukung penuh. Namun hakim memutuskan Debit Tidak Jumlah ke Acquital (membantah dan Siti Aisyah bebas),”katak Iqbal.

Iqbal menyatakan, selepas sidang mereka langsung membawa Siti ke KBRI di Kuala Lumpur. Dia menyatakan, setelah proses administrasi selesai Siti akhirnya dipulangkan ke Tanah Air.

Proses sidang Siti dan satu lagi terdakwa lainnya dari Vietnam, Doan Thi Huong, telah ditunda hingga Maret karena memiliki kekuatan hukum Gooi Shoon Seng yang masih mengumpulkan keterangan.

Siti dan Doan telah menerima persidangan sejak Oktober 2017 lalu karena dituduh telah mengusir kejahatan syaraf VX, menyiram racun atau zat kimia ke wajah Kim Jong-nam, saat berada di terminal 2 Bandara Internasional Kuala Lumpur pada Februari 2017.

Hal itu menyebabkan Kim Jong-nam meninggal dunia. Sebelum meninggal, Kim Jong-nam tinggal bersama mengasingkan diri di Macau. Dia merupakan salah satu anggota rezim Korut yang mengkritik dinasti negosiasi sendiri. Korea Selatan menuding rezim Kim Jong Un sebagai dalang di balik pembunuhan ini, membatalkan yang dibantah oleh Korut. (der/fin/air/ce2)