Inilah Penyebab Aliran PDAM di Palembang Mati, Pipa Induk Besar Pecah

0
338

Inilah Penyebab Aliran PDAM di Palembang Mati, Pipa Induk Besar Pecah

TRIBUNSUMSEL.COM, PALEMBANG – Pipa transmisi (pipa induk) PDAM di di Jalan Soekarno Hatta pecah. Inilah yang jadi penyebab terganggunya pasokan air bersih ke beberapa wilayah di Palembang.

Selama perbaikan, PDAM Tirta Musi menghentikan sementara pengaliran di sebagian wilayah Unit Pelayanan Alang-Alang Lebar dan sebagian pengaliran wilayah Unit Pelayanan Karang Anyar.

“Dikarenakan pipa yang pecah merupakan pipa induk serta adanya kendala teknis di lapangan, sehingga dalam pelaksanaan perbaikan pekerjaannya membutuhkan waktu yang lebih lama,” ujar Direktur Utama PDAM Tirta Musi Palembang, Andi Wijaya, Kamis (29/11/2018).

Musibah pecahnya pipa tersebut mengakibatkan terganggunya pengaliran di Jalan Naskah, Kebun Bunga, Talang Jambe, Sultan Mahmud Badaruddin II, Perumnas Raya, Sukarame,

Perindustrian, Hulubalang, Parameswara, Bukit Baru, Macan Lindungan, Tanjung Rawo, Barangan, Sukasari, dan Putri Ayu.

“Petugas PDAM saat ini masih terus melakukan perbaikan, dan diusahakan pekerjaan perbaikan tersebut bisa cepat selesai dan dapat langsung dialirkan hari ini juga,” tambah humas PDAM Tirta Musi, Dudi Iskandar.

Dia juga mengatakan, bagi pelanggan di daerah ujung membutuhkan waktu untuk normalisasi pengaliran.

Sementara itu, penyebab dari pecahnya pipa tersebut masih belum diketahui. “Kami menerima laporan petugas langsung ke lokasi tapi belum tahu penyebab awalnya apa,” ujarnya.

Sebelumnya, Warga di Kecamatan Ilir Barat 1 dan sekitarnya mengeluhkan layanan PDAM, Kamis (29/11/2018). Pasalnya, sudah tiga hari, sejak Senin lalu, air PDAM tidak mengalir sama sekali.

Warga pun terpaksa membeli air kemasan untuk minum dan mencari sumber air. Bahkan untuk mandi, mereka mengaku kesulitan air bersih.

Seperti disampaikan Gusti yang mengaku tidak bisa mandi saat hendak berangkat bekerja, karena beberapa hari air tidak mengalir. Begitu juga sejumlah warga yang bingung mau cari dimana.

Ia juga menyayangkan lambatnya respon pihak PDAM menanggapi keluhan warga.

Minimal masyarakat tahu penyebab mengapa air sampai mati lama, dan sampai kapan,” ucapnya, Kamis (29/11).

Nita warga Jalan Tanjung Rawo mengaku terpaksa mengungsi ke rumah orang tuanya karena tak ada lagi persediaan air di rumahnya.
” Air di tedmond sudah habis. Jadi numpang mandi di Plaju,” katanya.

Artikel ini telah tayang di Tribunsumsel.com dengan judul Inilah Penyebab Aliran PDAM di Palembang Mati, Pipa Induk Besar Pecah, http://sumsel.tribunnews.com/2018/11/29/inilah-penyebab-aliran-pdam-di-palembang-mati-pipa-induk-besar-pecah?page=2.
Penulis: Melisa Wulandari
Editor: Prawira Maulana