Herman Deru Konsisten Bantu Pendidikan di Tengah Pandemi Covid-19

0
20

SUMEKS.CO – Dunia pendidikan merupakan salah satu sektor sentral yang juga turut terdampak wabah Covid-19 saat ini. Sebab itu, Gubernur Sumsel, Herman Deru, terus mendorong agar pendidikan dapat terus berjalan meski di tengah pandemi ini.

Salah satunya yakni dengan terus menjalankan program sekolah gratis. Termasuk juga memberikan keringanan UKT selama dua semester kepada mahasiswa, baik yang ada di Sumsel maupun luar negeri seperti di Kairo dan Sudan.

“Namun untuk di Sumsel ini tidak khawatir, karena program sekolah gratis khususnya untuk tingkat SMA yang memang dibawah naungan Pemprov masih tetap berjalan. Untun mahasiswa, kita berikan bantuan juga keringanan UKT dua semester. Kita bantu Rp 1 juta untuk satu mahasiswa,” kata Herman Deru, disela pembukaan seminar online pendidikan 2020 dari Command Centre Setda Provinsi Sumsel, Selasa (21/7).

Menurutnya, hingga saat ini Pemprov Sumsel tetap konsisten dengan program sekolah gratis tersebut. Bahkan diketahui, Pemprov Sumsel sendiri telah memberikan bantuan Rp 700 ribu satu siswa khususnya tingkat SMA.

“Kita tidak boleh terlena, anak-anak tetap harus dapat pendidikan. Soal keringanan biaya sekolah, kita berikan melalui sekolah gratis tersebut. Yang sifatnya biaya pokok, tentu ditanggung pemerintah. Untuk SMA kita berikan Rp 700 ribu pertahun untuk satu siswa,” terangnya.

Pada kesempatan itu, dia juga meminta kepada penyelenggara pendidikan untuk tidak menetapkan iuran yang sifatnya membebani wali atau orang tua siswa. Terlebih di saat sulit seperti sekarang ini.

“Untuk sekolah negeri saya instruksikan untuk tidak menarik biaya di luar aturan dan ketentuan,” tegasnya.(ety)