Dewan Minta Pemkot Prabumulih Kaji Ulang Rencana Kelola Sumur Tua Pertamina

0
158

TRIBUNSUMSEL.COM, PRABUMULIH – Rencana Pemerintah kota Prabumulih untuk mengelola sumur tua yang ada di kota Prabumulih, sepertinya sedikit mendapat kritikan dari jajaran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Prabumulih.

Ketua DPRD Prabumulih, H Ahmad Palo SE mengatakan, setelah pihaknya bersama pemerintah melakukan kunjungan kerja ke Cepu Kabupaten Blora dan mengkaji hasil kunjungan diketahui jika kultur daerah dan masyrakat dibanding dengan Prabumulih berbeda.

“Kita tidak bisa sepenuhnya mengadopsi apa yang dilakukan di Kabupaten Blora, tentu harus menyesuaikan dengan kultur yang ada di kita dan masyarakat kita sehingga kita meminta untuk dikaji ulang, karena jika tidak sesuai maka justru tidak akan menimbulkan dampak sosial,” ungkap Palo ketika dibincangi, Senin (11/2/2019).

Menurut Palo, berkaitan dengan pengelolaan seperti yang disampaikan walikota jika di Kabupaten Blora dikelola dengan cara sangat tradisional dan pihaknya menyaksikan langsung. “Apakah ini akan menimbulkan dampak lingkungan atau sebagainya, kalau lah ini mau diterapkan di kota Prabumulih maka kami bersama walikota perlu mengkaji lagi karena kalau bisa ini dilakukan dengan teknologi,” katanya seraya mengatakan tentunya akan tetap memberdayakan masyarakat setempat meski menggunakan teknologi.

Sementara Walikota Prabumulih, Ir H Ridho Yahya MM menanggapi itu mengatakan memang perlu kajian karena jika prospek yang kami pelajari bersama ketua Dewan seperti itu (tradisional) di Kabupaten Blora maka lebih baik tidak usah.
“Mereka disana mengelola sumur tua dengan manual benar karena jangan merusak, namun kami perlu kajian itu kalau pendapatan nanti kami anggap menghasilkan PAD di atas Rp 10 miliar maka akan kami kaji,” ujarnya.

Ridho menuturkan, jika penghasilan mengelola sumur tua hanya akan mendapatkan Rp 5 miliar per tahun maka lebih baik tidak usah karena hanya akan merusak saja. “Kita akan ke kementerian ESDM dan pertamina, boleh dak kito tapi undang-undang sudah membolehkan bahkan ada permen (peraturan menteri) membolehkan bahwa perusahaan daerah boleh berkontribusi mengelola sumur tua. Jadi kita tinggal mengkaji untung rugi saja,” tuturnya.(eds)

Artikel ini telah tayang di Tribunsumsel.com dengan judul Dewan Minta Pemkot Prabumulih Kaji Ulang Rencana Kelola Sumur Tua Pertamina, http://sumsel.tribunnews.com/2019/02/12/dewan-minta-pemkot-prabumulih-kaji-ulang-rencana-kelola-sumur-tua-pertamina.
Penulis: Edison
Editor: Prawira Maulana