Petani Sawah Tebat Di Sanga Desa, Muba, Sumsel Tanam Padi Periode Pertama 2023

SANGA DESA, SUMEKS.CO – Petani sawah tebat di Kelurahan Ngulak I, Kecamatan Sanga Desa, Musi Banyuasin (Muba), Sumsel saat ini mulai lakukan kegiatan penanaman padi untuk periode pertama tahun 2023.

Kegiatan tanam reguler tahun 2023 tersebut sudah mulai dilakukan petani sejak tiga hari lalu.

“Saat ini petani sawah tebat baik bagian Ulu maupun Ilir berangsur mulai melakukan proses tanam padi,” kata Mura (39), salah seorang petani, dikutip harianmuba.com, Minggu, 13 Agustus 2023.

Sebagian dari mereka ada yang sudah selesai, sedangkan sebagian yang lain baru menyelesaikan sekitar separuh dari lahan yang mereka kelola.

Mura mengatakan bahwa penanaman padi untuk periode tanam reguler tahun 2023 di persawahan tebat jika dibandingkan dengan tahun lalu sedikit melorot dari waktu biasanya. Hal itu disebabkan kondisi cuaca yang tidak menentu.

“Kalau berkaca dari tahun lalu pada pertengahan bulan Mei 2023 itu sudah selesai semua, namun karena faktor cuaca serta adanya kegiatan hari raya Idul Fitri jadi agak molor dari waktu biasa,” jelas Mura.

Sementara itu, Pardi (48), petani lainnya di ladang persawahan tebat berharap hasil panen di tahun 2023 ini bisa lebih baik dari tahun lalu.

“Harapan kami tentunya agar hasil panen bisa melimpah dan lebih baik dari tahun ini. Selain itu mudah-mudahan tahun ini tidak ada serangan hama seperti yang terjadi ditahun sebelumnya,” ungkap Pardi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *