Herman Deru Pastikan Gelaran Porprov XIV di Kabupaten Lahat Sesuai Jadwal

LAHAT,PALPOS.ID – Gubernur Sumsel H. Herman Deru meninjau langsung sejumlah venue yang rencananya akan digunakan pada perhelatan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke XIV di Kabupaten Lahat, Rabu (16/8).

Dimana, peninjauan tersebut dilakukan untuk memastikan kesiapan Kabupaten Lahat sebagai tuan rumah.

Diketahui, sejumlah persiapan terus dimatangkan jelang pelaksanaan Porprov tersebut. Termasuk kesiapan venue dan waktu pelaksanaannya.

“Jadwal pelaksanaan Porprov di Kabupaten Lahat ini tidak ada pengunduran dari jadwal semula. Persiapan harus diselesaikan dengan seksama,” kata Herman Deru usai peninjauan tersebut.

Menurutnya, kesiapan kabupaten Lahat sebagai tuan rumah tinggal dalam tahap penyempurnaan.

“Dan terkait venue yang masih tahap civil work, kita targetkan selesai dalam satu pekan kedepan. Kita optimis Kabupaten sukses dalam perhelatan Porprov ini,” terangnya.

Sementara untuk persoalan cabor, Herman Deru berpesan kepada KONI Provinsi dan kabupaten Lahat untuk melakukan peninjauan kembali ukuran pelaksaaan setiap cabor.

“Untuk cabor harus dilihat kembali ukuran pelaksanaannya sehingga sesuai dengan ketentuan,” tuturnya.

Disisi lain, Herman Deru juga mengingatkan soal kesiapan sarana dan prasarana pendukung. Mulai dari penginapan hingga transportasi.

“Penginapan ini harus dipetakan dengan seksama. Dimana letaknya, jarak menuju venue, termasuk rute serta rekayasa lalu lintasnya. Pemkab juga harus menyiapkan alat transportasi untuk para atlet yang akan bertanding,” paparnya.

Tidak hanya itu, lanjutnya, sektor keamanan juga menjadi faktor penting suksesnya Porprov di Kabupaten Lahat ini.

“Pihak keamanan seperti Polri, TNI, dan lainnya harus memetakan titik-titik yang harus dijaga ketat sehingga atlet semakin nyaman mengikuti pertandingan,” ujarnya.

Terlebih, Herman Deru menyebut, Porprov tersebut juga dapat menjadi sarana bagi Kabupaten Lahat untuk meningkatkan dan mengenalkan potensi sektor pariwisatanya.

“Porprov ini tentu berpotensi mendongkrak pariwisata di Kabupaten Lahat. Sebab itu, manfaatkanlah ajang ini. Dinas terkait juga harus ikut berperan,” imbuhnya.

Untuk diketahui, dalam peninjauan itu ada sejumlah venue yang disambangi Gubernur Herman Deru diantaranya, GOR Bukit Tunjuk, venue voli pantai Pagar Agung, Dodik Secaba/Secata Putang Lahat, dan venue di eks Terminal Batai Lahat.

Porprov tersebut sendiri direncanakan tetap akan digelar pada 17-24 September 2023 mendatang.

Sementara Bupati Lahat Cik Ujang menyatakan kesiapan Kabupaten Lahat sebagai tuan rumah.

“Tidak mudah melakukan persiapan ini. Setiap saat proses persiapan terus dilakukan pemantauan,” kata Cik Ujang.

Dia menyebut, nantinya akan ada lebih kurang 41 cabor yang akan dipertandingkan.

“41 cabor ini akan di 18 tempat yang sudah kita siapkan. Semua fasilitas seperti penginapan, venue dan fasilitas pendukung terus kita rampungkan. Kita harap, pelaksaan Porprov di Kabupaten Lahat berjalan dengan baik dan sukses, pungkasnya.

Hadir dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Lahat H. Haryanto, Forkopimda Kabupaten Lahat dan sejumlah Kepala OPD di ligkunhan Pemprov Sumsel dan Pemkab Lahat

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *