YouTube Luncurkan Aturan Baru, Perluas Format @namapengguna

YouTube mempermudah pembuat konten untuk mengarahkan penontonnya ke saluran mereka.

YouTube mengumumkan aturan baru, cara baru bagi pembuat konten untuk mengidentifikasi saluran mereka.

Penggunaan format @namapengguna (@username) untuk berinteraksi dengan pemirsa mereka di YouTube Shorts, halaman saluran, dalam deskripsi video, dalam komentar, dan banyak lagi.

Dilansir laman Techcrunch, Selasa (11/10/2022), aturan baru ini akan tersedia untuk semua orang di YouTube.

“Kamu tidak perlu menjadi pembuat konten dengan ukuran tertentu atau jumlah pelanggan untuk mengklaim @pegangan unik Anda sendiri,” kata YouTube.

Aturan baru dan @namapengguna umum di media sosial, termasuk di situs-situs seperti Facebook, Instagram, Twitter, Telegram, dan lainnya.

Selama ini, YouTube hanya menawarkan dukungan terbatas untuk format tersebut.

Hal ini memungkinkan pembuat konten menyebutkan saluran dalam judul dan deskripsi video dengan simbol @, atau menyebut pengguna lain di obrolan Langsung YouTube, misalnya.

Tetapi opsi @username tidak tersedia di area dan diskusi lain. Sebagai gantinya, kamu harus membalas komentar pengguna YouTube lain untuk menandai mereka.

Namun, dengan ekspansi YouTube ke wilayah TikTok dengan YouTube Shorts, perusahaan sekarang ingin lebih meniru cara aplikasi video milik ByteDance, mendorong pengguna untuk terlibat dalam diskusi bolak-balik melalui video pendek mereka dan dalam diskusi dan video yang dihasilkan.

Agar berfungsi, itu memerlukan penggunaan @namapengguna atau @handles sebagaimana YouTube menyebutnya.

YouTube mengatakan bahwa aturan baru akan muncul di halaman saluran dan Shorts, menjadikannya “dapat dikenali secara instan dan konsisten” di seluruh platform.

Setelah pegangan diluncurkan sepenuhnya, pengguna akan dapat @menyebut orang lain di komentar, pos komunitas, deskripsi video, dan di tempat lain.

Meskipun pegangan ini tidak akan menggantikan nama saluran itu sendiri, mereka akan menjadi unik di seluruh YouTube, memungkinkan pembuat konten untuk membuat kehadiran yang berbeda untuk diri mereka sendiri di platform.

Dukungan untuk pegangan akan mulai diluncurkan secara bertahap, mulai minggu depan.

Aturan baru YouTube. [YouTube]
Aturan baru YouTube. [YouTube]

Untuk melindungi pembuat konten agar nama saluran mereka tidak digunakan orang lain, YouTube mencatat bahwa saluran yang sudah memiliki URL yang dipersonalisasi akan melihatnya menjadi pegangan default mereka kecuali mereka memilih untuk mengubahnya .

Perusahaan juga menunjukkan bahwa waktu peluncuran pegangan telah dirancang sedemikian rupa untuk memastikan bahwa pembuat konten yang sudah mapan akan mendapatkan akses ke fitur tersebut terlebih dahulu.

Pasalnya, YouTube berencana untuk memanfaatkan faktor-faktor seperti kehadiran YouTube secara keseluruhan, jumlah pelanggan.

Setelah pegangan dibuat, YouTube juga akan membuat URL yang cocok dalam format youtube.com/@handle, yang akan memungkinkan pembuat untuk memasarkan pegangan mereka di tempat lain di web atau di media lain.

Dan jika saluran sudah memiliki URL yang dipersonalisasi yang digunakan untuk tujuan yang sama, mereka tidak perlu memperbarui tautannya karena URL tersebut akan secara otomatis dialihkan ke URL berbasis pegangan yang baru.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *