Viral Keberanian Wartawan Wanita di Tengah Jalanan Afghanistan Ramai Tembakan

– Suasana di Afghanistan semakin mencekam setelah Taliban mengambil alih kekuasaan. Untuk melaporkan apa yang terjadi di negara berkonflik tersebut, reporter CNN Clarissa Ward terjun langsung ke jalanan kota Kabul. Clarissa pun berjalan di tengah-tengah suasana yang menakutkan bagi kebanyakan orang karena diwarnai suara tembakan dan kekerasan. Sikapnya yang bukan hanya berani tapi tenang menuai pujian dari netizen.
Dalam video yang diunggah CNN baru-baru ini, Clarissa Ward melaporkan ricuhnya suasana bandara dengan orang-orang yang ingin melarikan diri setelah Amerika meninggalkan Afghanistan. Video pun langsung menunjukkan para tentara Taliban yang berkeliaran di sana, membawa senjata dan tidak ragu untuk menggunakannya.

Ketika menyusuri jalanan di bandara, ia melaporkan bahwa tembakan terdengar hampir setiap beberapa menit. Meski begitu, Clarissa tetap berjalan dengan tenang. Tak lama kemudian, wanita yang menggunakan hijab dan abaya serba hitam itu dihadang oleh tentara Taliban yang marah tapi ia tetap berani memberikan pertanyaan.

Tentara Taliban memintanya untuk menutupi wajah. Pria tersebut sempat menjelaskan opininya tapi tidak mau berbicara dengan Clarissa entah karena seorang warga Amerika atau karena seorang wanita.

“Mereka mengatakan bahwa kekacauan ini adalah salah Amerika,” kata Clarissa. “Lihat orang-orang ini, Amerika membuat mereka ketakutan, mengapa mereka berbohong dan berkata orang-orang ini boleh pergi ke Amerika. Mengapa tidak membiarkan mereka tinggal dan membantu negara?” ujarnya saat menerjemahkan jawaban tentara Taliban.

Sepanjang perjalanan, ia juga dikerumuni dengan orang-orang yang meminta bantuan untuk bisa masuk bandara dan keluar dari Afghanistan. Karena itu, tentara Taliban semakin kesal dengan rombongan CNN hingga Clarissa memutuskan untuk pergi dan berjalan ke mobil mereka.

Ketika itu, tentara Taliban menggunakan senjatanya untuk mendorong kerumunan. Tak lama kemudian beberapa dari mereka mulai mendatangi kru stasiun televisi berita berbasis di AS itu. “Ketika mereka diberi tahu bahwa kami punya izin untuk meliput, mereka menurunkan senjata mereka dan membiarkan kami untuk lewat,” tutupnya.

Dalam unggahan Instagram terbarunya, Clarissa pun mengungkap pengalamannya meliput konflik di Afghanistan. Diakui wanita yang sebelumnya sudah sering meliput soal Taliban itu bahwa ia tidak menyangka Taliban akan benar-benar mengambil alih ibu kota. “Meliput di jalanan Kabul ketika Taliban mengambil alih menjadi salah satu pengalaman paling menakjubkan dalam karierku,” tulisnya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *