Puluhan Anak Belajar di TPA Masjid Taqwa Pagaralam, Isi Waktu Menjelang Berbuka Puasa

SUMEKS.CO – Lantunan ayat-ayat suci Al-Qur’an, terdengar dari Masjid Taqwa, yang terletak di Kelurahan Beringin Jaya, Kecamatan Pagaralam Utara, Kota Pagaralam, Sabtu, 25 Maret 2023.

Sore itu ada puluhan anak-anak sedang belajar mengaji dengan ustadz. Beberapa diantaranya terlihat bercanda dengan temannya, sementara beberapa anak lagi dengan tekun belajar membaca Al Quran.

Taman Pembelajaran Al-Qur’an (TPA) di Masjid Taqwa, sudah menjadi kegiatan rutin yang diikuti anak-anak warga kampung sekitar masjid.

“Senang bisa bertemu dengan banyak teman. Selain itu, bisa bermain dan belajar,” ujar Reza, seperti dikutip dari pagaralam.bacakoran.co.

Reza tinggal di Kampung Purwosari, Kota Pagaralam. Belajar membaca Al Quran merupakan salah satu aktivitas yang diikutinya sembari menanti waktu berbuka puasa. Kegiatan di TPA dilakukan selepas dari sekolah.

“Disini saya belajar membaca Al-Qur’an yang benar, hafalan, bermain dan berbuka bersama,” ungkap Reza sambil tersenyum.

Sementara itu, peserta TPA lainnya, Priska (9), menuturkan kegiatan ini merupakan giat yang sangat positif selama Ramadhan.

“Kita senang bisa mengisi amaliah di bulan suci Ramadhan, dengan belajar membaca Al-Qur’an bersama teman-teman lainnya,” ujar Priska.

 

Pengajar TPA, Gunarto menjelaskan, kegiatan TPA ini sudah berlangsung selama dua tahun dan dilaksanakan setahun sekali, sebagai bagian dari cara mengisi amaliah bulan suci Ramadhan, sebelum berbuka dengan mengajar Al-Qur’an.

“Saya senang bisa melayani anak-anak, dengan kegiatan yang bersifat kebersamaan,” akunya.

Gunarto berharap, dengan adanya pembelajaran rutin seperti ini, anak-anak sekitar masjid dapat terhindar dari hal-hal yang kurang bermanfaat.

“Nantinya anak-anak dapat memanfaatkan waktu yang lebih bermanfaat dari sebelumnya, ditambah saat ini pengaruh dari perkembangan teknologi begitu pesat, membuat pola asuh di rumah maupun tempat belajar formal sedikit berubah,” tuturnya.

Gunarto melanjutnya, peran orang tua tentu sangat menentukan perkembangan sang anak, maka orang tua harus tegas kepada setiap kebijakan yang diterapkan dirumah agar dapat membawa anak tersebut pada generasi yang maju secara prestasi akademik maupun non akademik.

“semoga anak-anak yang belajar di Taman Pembelajaran Al-Qur’an (TPA) Masjid Taqwa dapat konsisten menimba ilmu di sini,” pungkasnya.(*)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *