PLN Klaim Percepat Pemulihan Listrik di Wilayah Terdampak Banjir di Sumsel

Palembang – PLN Unit Induk Distribusi Sumatera Selatan, Jambi dan Bengkulu (UID S2JB) mempercepat pemulihan suplai listrik di wilayah yang terdampak banjir. Seperti di wilayah Musi Rawas Utara (Muratara) dan Musi Banyuasin (Muba)

Diketahui, hampir seluruh desa di 2 Kabupaten tersebut masih dilanda banjir dan merendam rumah warga. Karena inilah yang membuat PLN pun khawatir keselamatan warga jika listrik menyala.

“Seperti kita ketahui bersama, ada beberapa wilayah di Sumsel dan Jambi yang terdampak banjir. PLN telah menyiagakan seluruh petugas di unit-unit, terutama di daerah yang terdampak banjir tersebut untuk memastikan peralatan listrik dalam posisi aman untuk dioperasikan,” ujar Manager Komunikasi dan TJSL PLN UID S2JB, Iwan Arissetyadhi, Selasa (23/1/2024).

Menurutnya, saat ini PLN masih melakukan pemulihan listrik pasca banjir dengan melakukan penormalan gardu yang sudah aman dari air.

“Untuk di Muratara dari sebanyak 209 gardu yang terdampak banjir, masih terdapat 7 gardu yang harus diamankan kelistrikannya karena belum memungkinkan untuk dioperasikan. Sudah 202 gardu sudah dioperasikan atau 96,7% sudah normal. Adapun yang belum bisa dioperasikan dikarenakan ketinggian air yang belum memungkinkan (tidak aman) untuk dioperasikan, baik untuk keselamatan warga juga untuk peralatan itu sendiri,” jelasnya.

Sedangkan untuk di Kabupaten Muba, sambung Iwan, sebanyak 20 gardu yang terdampak banjir sudah bisa beroperasi lagi seperti semula.

“Saat ini semua gardu sudah bisa kembali beroperasi,” katanya.

Iwan menegaskan, PLN tetap mengutamakan keselamatan masyarakat dan operasi instalasi listrik dengan memperhatikan perkembangan kondisi banjir di lokasi setempat.

“Jika kondisi peralatan dan lingkungan sudah aman, suplai listrik ke masyarakat menjadi prioritas untuk dioperasikan,” pungkasnya.

 

Pos terkait