“Ngunduh Mantu” Kaesang-Erina Digelar di Solo, Ini Rencana Lokasi Parkir yang Disiapkan

SOLO, KOMPAS.com – Acara ngunduh mantu putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep dengan putri Indonesia asal DI Yogyakarta Erina Gudono akan digelar di Solo, Jawa Tengah.

Rencananya, ngunduh mantu Kaesang-Erina akan dilaksanakan di Pura Mangkunegaran Solo, Jawa Tengah.

Tamu undangan mulai dari pejabat tinggi negara hingga masyarakat akan menghadiri acara ngunduh mantu anak terakhir Presiden Jokowi dan Iriana Jokowi tersebut.

Read More

Solo dipastikan akan penuhi dengan kendaraan para tamu yang hadir dalam acara ngunduh mantu Kaesang-Erina.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo Taufik Muhammad mengatakan rencana lokasi parkir kendaraan tamu undangan akan dipusatkan di Mangkunegaran, Benteng Vastenburg dan Balai Kota.

“Pusatnya nanti di Mangkunegaran ya. Ini gambaran karena saya belum tahu detailnya. Kalau parkir besarnya cuma di Mangkunegaran sama sekitaran Benteng Vastenburg, Balai Kota,” kata Taufik di Solo, Jawa Tengah, Kamis (24/11/2022).

Pihaknya akan menyiapkan shuttle bus yang siap mengantarkan para tamu undangan acara ngunduh mantu Kaesang-Erina.

“Nanti kita beri shuttle kayak dulu waktu Mas Gibran itu,” ungkap Taufik.

Namun demikian, jelas Taufik, pihaknya masih akan menunggu detail terkait pelaksanaan acara ngunduh mantu Kaesang-Erina.

Setelah mengetahui detail acara ngunduh mantu tersebut, pihaknya akan lebih mudah untuk mengatur lalu lintas kendaraan di Solo.

“Pasti dalam waktu dekat ada rapat besar nanti,” terang Taufik.

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir telah meninjau Pura Mangkunegaran Solo, Jawa Tengah, pada Minggu (20/2/2022).

“Ya memang kan ada dua persiapan yang harus dipastikan. Satu, memang ini (Pura Mangkunegaran) kan nanti ada kegiatan buat masyarakat, di mana ada festival-festival kecil, hiburan masyarakat tetapi juga ada pernikahan,” kata Erick Thohir, saat di Puro Mangkunegaran.

Erick Thohir ditemani Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Republik Indonesia Bahlil Lahadalia, dan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno.

“Nah ini kan kita harus benar-benar jaga supaya semuanya baik. Dan alhamdulillah kesiapan dari Mangkunegaran, yang dipimpin langsung oleh beliau (KGPAA Mangkunegara X) rasa sudah sangat baik. Tinggal nanti kita perbaikanlah hal-hal yang kecil,” jelasnya.

Sementara itu, pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono direncanakan 10 Desember 2022. Pernikahan mereka akan dilaksanakan di DI Yogyakarta.

Utusan keluarga Presiden Jokowi bahkan sudah meminta surat rekomendasi nikah ke KUA Kecamatan Banjarsari untuk ditujukan kepada KUA Kecamatan Mlati, Sleman, DI Yogyakarta.

“Jadi sebagai kelengkapan berkas yang dibawa oleh Mas Kaesang selain berkas dari kelurahan, itu kan dibutuhkan rekomendasi nikah yang dikeluarkan KUA Banjarsari yang ditujukan kepada KUA Kecamatan Mlati, Sleman,” ungkap Kepala KUA Kecamatan Banjarsari Arbain Basyar.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *